icon-category Digilife

Pemilik Situs BreachForums Ditangkap, Sarang Bjorka Sebar Data

  • 20 Mar 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id — Seorang lelaki yang diduga pemilik situs gelap BreachForums ditangkap oleh pihak berwajib di Amerika Serikat pada hari Rabu- lalu, (15/03). 

Dalam penangkapan tersebut, pria dengan nama asli Connor Brian Fitzpatrick ini mengaku bahwa dirinya adalah Pompompurin, pemilik forum kejahatan siber BreachForums.

BreachForums sendiri cukup terkenal di Indonesia beberapa waktu terakhir, apalagi ketika Bjorka muncul dan menggunakan situs ini untuk menyebar dan menjual data korban-korbannya.

Melansir Bleeping Computer, Senin, (20/03), Agen Khusus FBI John Longmire mengatakan kalau pelaku mengaku bahwa dirinya merupakan Conor Brian FitzPatrick dan menggunakan alias "Pompompurin” serta merupakan pemilik dan administrator "BreachForums.”

Usai mengaku, Fitzpatrick dibebaskan sehari setelahnya, Kamis, (16/03), dengan obligasi USD300 ribu atau Rp4,6 miliar dan akan diadili pada tanggal 24 Maret mendatang.

Ia juga hanya diizinkan untuk melakukan perjalanan di Distrik Selatan dan Timur New York serta Distrik Timur Virginia untuk keperluan pengadilan.

Pihak pengadilan juga melarang Fitzpatrick untuk menghubungi saksi, rekan tergugat, dan juga rekan konspiratornya.

Pompompurin diketahui terakhir aktif di forum pada 15 Maret lalu, satu hari sebelum dirinya ditangkap. Namun, menurut admin forum tersebut, BreachForums akan tetap beroperasi walaupun sang pemilik sedang dipanggil oleh pihak pengadilan.

Sosok Pompompurin sendiri sudah sangat terkenal di dunia siber kejahatan underground, dimana penjahat-penjahat ini sering kali menyusup perusahaan, menjual dan membocorkan data melalui forum atau media sosial.

Beberapa pelanggaran terkenal yang dilakukan Pompompurin adalah serangan email siber palsu menggunakan sebuah flaw di LEEP atau Portal Perusahaan Penegakan Hukum FBI, pencurian data pelanggan Robinhood dan mencuri alamat email 5,4 juta pengguna Twitter.

Dia juga merupakan anggota profil yang cukup high level di forum kejahatan dunia maya RaidForums yang sebelumnya dimatikan oleh FBI pada tahun 2022 lalu. Lalu, ia membuat forum baru bernama 'BreachForums' untuk menggantikannya.

Tak hanya digunakan oleh Bjorka, BreachForums juga disebut sebagai kekuatan dalam kejahatan dunia maya, yang mana data perusahaan terkenal, politisi AS dan FBI  juga menjadi korban hacker lalu dibagikan dalam forum gelap ini.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini