home ×
Health

Penggunaan Earphone Memperbesar Risiko Kemartian

23 May 2017 By
Penggunaan Earphone Memperbesar Risiko Kemartian
Share
Share
Share
Share

Earphone atau perangkat elektronik yang menghubungkan ponsel atau pemutar musik portabel, makin lazim digunakan dalam keseharian. Tapi siapa sangka, alat tersebut meningkatkan risiko kematian penggunanya.

Kenyataan itu pula yang diduga memicu kecelakaan yang merenggut nyawa pembalap Moto GP Nicky Hayden. Juara dunia Moto GP 20016 itu terlibat kecelakaan saat bersepeda di pesisir pantai Rimini, sebuah kota kecil di Italia.

Sambil menggunakan earphone yang terhubung ke pemutar musik iPod, Hayden melintasi sebuah persimpangan dan menerobos lampu merah. Seperti dilaporkan express.co.uk, dia tak menyadari dari arah samping ada sebuah mobil hingga akhirnya menabraknya.

The Guardian melaporkan sebuah studi di Amerika Serikat membuktikan, penggunaan earphone saat berjalan kaki, jogging atau bersepeda dan bermotor, meningkatkan risiko kematian.

"Risikonya meningkat hingga tiga kali lipat. Itu dari penelitian dalam kurun tujuh tahun," demikian dikutip The Guardian dari laporan survei tersebut.

Dalam sebuah studi yang dilakukan selama 2004-2011, ditemukan 116 orang di AS yang memakai earphone di jalan, tewas atau setidaknya mengalami kecelakaan parah.

Kebanyakan korbannya berusia di bawah 30 (67%) dan laki-laki (68%). Sekitar 89% terjadi di perkotaan dengan 55% korbannya terlindas kereta api.

Dalam studi yang diterbitkan di Jurnal Prevention itu disebutkan 70% kecelakaan berujung maut. Itu pula yang terjadi pada Hayden, sempat menjalani perawatan selama 5 hari di rumah sakit, Hayden akhirnya menghembuskan nafas terakhir.

"Penggunaan earphone dengan perangkat genggam memiliki risiko keselamatan pada para pejalan kaki, khususnya di area dengan kendaraan yang berlalu lalang. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan bagaimana earphone bisa membahayakan keselamatan pejalan kaki," demikian menurut para ahli.

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id