Auto

Pensiun MotoGP, Valentino Rossi Balapan Lagi Pakai Audi R8 LMS

  • 15 January 2022
  • Bagikan :
    Pensiun MotoGP, Valentino Rossi Balapan Lagi Pakai Audi R8 LMS Audi R8 Valentino Rossi (Instagram @valeyellow46)

    Uzone.id - Pensiun dari dunia balap motoGP, gak membuat seorang Valentino Rossi kehilangan minat balapnya. Setelah pensiun dari motoGP, the Doctor siap balapan lagi tahun 2022 ini.

    Memang, bukan ajang motoGP yang akan dirinya ikuti, tapi ajang balap mobil Fanatec GT World Challenge Europe 2022. 

    GT World Challenge Europe merupakan seri balap mobil sport yang diselenggarakan oleh SRO Motorsports Group. Balapan ini mengandalkan mobil balap grand tourer yang dimodifikasi dari mobil jalan raya sesuai dengan peraturan GT3 FIA.

    BACA JUGA: Deretan Fitur Canggih All New Land Cruiser, Harga Tembus Rp2,3 M

    Audin R8 LMS GT3 akan jadi mobil yang akan dikemudikan Rossi, bersama W Racing Team (WRT) Audi.

    Audi balap tersebut sudah lengkap dengan livery khas yang memajang nomor kramatnya 46. Audi tersebut memadukan warna merah, abu dan hitam dengan kuning khas Vale.

    “Saya sangat senang untuk mengumumkan kalau tahun ini akan membalap dengan tim WRT di Fanatec World GT Challenge menggunakan Audi R8 LMS,” ujar Valentino Rossi di akun Instagram resminya.

    Spesifikasi Audi R8 LMS

    Kemungkinan besar, Rossi akan menggunakan Audi RS8 versi upgrade untuk tahun 2022 ini. Mobil ini disiapkan untuk menyaingi sesama Jerman BMW M4 GT3.

    Mobil yang mengusung mesin V10 ini disiapkan untuk musim balap 2022 atau tepat saat dimulainya homologasi baru untuk mobil kategori GT3.

    Setelah versi sebelumnya tahun 2019 pengembangan mobil ini berfokus pada aerodinamika, untuk R8 LMS Evo II ini, Audi menitikberatkan pembaruan pada lima area.

    BACA JUGA: Piaggio Bangun Pabrik di Cikarang, Pemerintah Dorong Ekspor Vespa

    Pengembangan aerodinamika, paling menonjol sayap belakang, lalu sasis, mesin, sistem elektronik, serta optimalisasi sistem air conditioning alias AC.

    Sayap belakang diklaim mampu memberikan gaya tekan (downforce) lebih besar. Audi ingin mencoba menghasilkan lebih banyak downforce pada bagian atas mobil.

    Dengan setting seperti itu, hambatan udara bakal lebih besar, namun downforce bisa lebih konstan. Sementara, diffuser bisa disesuaikan tergantung ground clearance.

    Audi juga melakukan ubahan pada mesin R8 LMS Evo II ini. Mesin 5.2-liter V10 yang selama ini memiliki torsi kecil, dipasangi intake yang lebih panjang untuk menyesuaikan perubahan karakter torsi lebih tinggi.

    Kontrol traksi juga diperbaiki sehingga tenaga bisa dialirkan lebih baik. Inilah salah satu kelemahan model sebelumnya (Evo I). 

    Dengan semua ubahan pembaruan ini, harga Audi R8 LMS Evo II pun melonjak menjadi sekitar Rp7,32 miliar, belum termasuk pajak.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini