icon-category Auto

Perang Low MPV: Diskon Pengaruhi Pilihan Konsumen!

  • 14 Oct 2019 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id - Buat orang Indonesia, beli mobil gak ada diskon ibarat beli smartphone gak dapet kabel casan. Jadi, diskon adalah salah satu faktor penting penentu orang beli mobil.

    Apalagi kalau bicara mobil sejuta umat, maksudnya mobil yang dari segi harga relatif terjangkau banyak kalangan. Low MPV seperti Avanza Xenia cs misalnya.

    Berbicara persaingan low MPV, emang paling sadis barangkali ya di Indonesia ini. Selain jenisnya sama, desainnya mirip-mirip, fiturnya dan spesifikasi setara, sampai harganya pun sebelas dua belas.

    VIDEO Review Mercy E320 Masterpiece 1996:

    Jadi, pabrikan emang sampai harus pusing memikirkan strategi gimana caranya mobil-mobil mereka bisa dilirik pasar ditengah ketatnya persaingan.

    Dan diskon menjadi senjata paling ampuh. Kadang, meskipun seseorang udah loyal terhadap merek tertentu, tapi karena sodoran diskon tertentu, pilihannya bisa berpaling.

    Apalagi seperti kita tau, saat ini tawaran diskon mobil-mobil low MPV bikin goyah iman, karena jumlahnya gak hanya belasan juta tapi bahkan sampai puluhan juta.

    "Faktor diskon belasan juta yang biasanya diberikan oleh produsen Low MPV itu akan mempengaruhi pilihan konsumen," komentar Amelia Tjandra, Direktur Marketing Daihatsu Indonesia.

    Komentar Amelia tersebut mengacu pada melemahnya daya saing Xenia di antara jajaran low MPV. Amel berkilah, Daihatsu pasrah ketika banyak pabrikan lain perang diskon gila-gilaan, sementara Daihatsu gak melakukan hal yang sama.

    Begitu juga yang terjadi antara Avanza dan Xpander, yang masing-masing pabrikannya bersaing dan ngadu gengsi untuk jadi yang nomor satu.

    Banyak kalangan yang menganggap performa penjualan Xpander terus dikalahkan Avanza karena Toyota memberikan diskon yang jor-joran untuk mengdongkrak penjualan Avanza.

    Kalau melihat penjualnnya di September 2019 misalnya, setelah di Agustus terjual sampai 8.000an unit dan menjadikan Avanza nomor satu, pada September 2019 makin ngamuk, dengan penjualan mencapai 9.000an unit.

    Bagaimana Xpander mau mengejarnya? Ya setidaknya melakukan hal yang sama, memberikan diskon puluhan juta yang menggiurkan, meski sayangnya, Mitsubishi gak memberikan tawaran diskon yang gila-gilaan untuk Xpander.

    Jadi gimana menurut kalian, kalau lagi nyari mobil terus tawaran diskon merek ini lebih besar dari merek itu, kalian milih yang mana?

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini