icon-category Gadget

Perangkat Air Purifier Bisa Turunkan Risiko Kena Covid-19?

  • 06 Jul 2021 WIB
  • Bagikan :

    Ilustrasi perangkat air purifier.

    Uzone.id -- Seiring kembali melonjaknya angka kasus Covid-19 di Indonesia, ada banyak informasi berseliweran mengenai cara menangkal virus ini. Tak sedikit yang hoaks, dan kini muncul woro-woro di platform Instagram mengenai peran dari perangkat air purifier.

    Akun Instagram dengan nama @adamprabata menyebarkan kalau air purifier terbukti mampu menurunkan risiko paparan Covid-19 di ruang tertutup. Mungkin sekilas seperti sensasi belaka, namun nyatanya akun ini adalah milik seorang dokter lulusan Universitas Indonesia.

    Adam Prabata yang kini menjadi kandidat PhD di Medical Science, Kobe University, Jepang sedang gencar-gencarnya mengedukasi netizen Indonesia mengenai pandemi Covid-19. Salah satunya, ia menyampaikan peran dari perangkat air purifier.

    Air purifier merupakan salah satu upaya yang dilakukan masyarakat dalam tingkat keluarga hingga kantor, termasuk pemerintah dan swasta, untuk menurunkan risiko penularan Covid-19. Penelitian terbaru menunjukan bahwa penggunaan air purifier terbukti dapat menurunkan risiko paparan Covid-19 di situasi ruang tertutup (indoor),” tulis Adam dalam akun Instagramnya.

    Baca juga: Ramai Harga Tabung Oksigen Selangit, Ini Respons Shopee dan Tokopedia

    Dalam unggahannya itu, Adam menampilkan beberapa infografis mengenai cara kerja dari air purifier, perangkat yang berfungsi untuk membersihkan udara dan memperbaiki kualitas udara.

    Ia menjelaskan terlebih dahulu mengenai penularan secara airborne (udara) yang memiliki karakteristik diameter droplet kurang dari 5 mikrometer, bertahan di udara dalam waktu lama, dan dapat menular dari jarak 1-2 meter. Biasanya, penularan seperti ini sering terjadi di ruang tertutup dan ventilasi atau sirkulasi udara buruk.

    Nah, Adam menjelaskan kalau perangkat air purifier dengan high-efficiency particulate air (HEPA) filter memiliki efisiensi 99,97 persen untuk menyaring partikel di udara berukuran 0,3 mikrometer. Perangkat air purifier dengan HEPA filter lalu disarankan sebagai salah satu metode untuk mengurangi risiko penularan Covid-19 secara airborne di situasi indoor.

    Baca juga: Awas, 5 Aplikasi Ini Ngaku Bisa Ubah Ponsel Jadi Oximeter

    Ada pula beberapa kriteria air purifier portabel yang dianggap dapat mencegah penyebaran Covid-19, yakni:

    • Memiliki sistem HEPA filter
    • Memiliki rating clean air delivery rate (CADR)
    • Ada keterangan menangkap mayoritas partikel dengan ukuran <1 mikrometer

    Ada pula efektivitas air purifier dengan HEPA filter mencapai 65 persen, namun angka tersebut bisa meningkat menjadi 90 persen jika pengguna tetap menggunakan masker.

    Gimana menurut kalian?

     
     
     
    Lihat postingan ini di Instagram
     
     
     

    Sebuah kiriman dibagikan oleh dr. Adam Prabata (@adamprabata)

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini