home ×
Digilife

Pernyataan Resmi Bos Tokopedia Soal Pencurian Data Pengguna

12 May 2020 By
Pernyataan Resmi Bos Tokopedia Soal Pencurian Data Pengguna
Share
Share
Share

Uzone.id - Peretasan yang menimpa platform e-commerce Tokopedia cukup menghebohkan belakangan ini. Mengutip ZDNet, ShinyHunters adalah kelompok peretas yang menyelinap ke Tokopedia beberapa waktu lalu. Menanggapi peristiwa tersebut, CEO dan Founder Tokopedia, William Tanuwijaya, buka suara.

Berdasarkan pernyataan resmi yang diterima Uzone.id, William mengatakan, pada 2 Mei 2020, Tokopedia menyadari ada pencurian data oleh pihak ketiga yang tidak berwenang terkait informasi pengguna Tokopedia.

“Selain pemberitahuan yang telah kami informasikan sebelumnya, kami ingin memberikan informasi terbaru terkait langkah-langkah yang telah kami ambil hingga saat ini untuk mengatasi kejadian tersebut,” ujar William.

Baca juga: Ada Fitur Baru di Tokopedia, Jualan dan Belanja Makin Gampang

Pertama, setelah mengetahui kejadian ini, Tokopedia langsung memberikan informasi kepada seluruh pengguna Tokopedia, memulai proses investigasi dan mengambil langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk memastikan akun dan transaksi tetap terjaga. William mengatakan, “Kami terus pastikan bahwa kata sandi telah dienkripsi dengan enkripsi satu arah.”

Lebih lanjut, ia menegaskan, Tokopedia telah berkomunikasi dan bekerja sama dengan pemerintah, antara lain Kementerian Komunikasi dan Informatika serta Badan Siber dan Sandi Negara untuk melakukan investigasi atas kejadian ini sekaligus memastikan keamanan dan perlindungan atas data pribadi pengguna.

“Ketiga, selain melakukan investigasi internal dengan teliti, kami juga telah menunjuk institusi independen kelas dunia yang memiliki spesialisasi di bidang keamanan siber dalam membantu investigasi dan identifikasi langkah-langkah yang diperlukan guna lebih meningkatkan lagi perlindungan data para pengguna Tokopedia,” ujarnya.

Baca juga: Mengenal ShinyHunter, Hacker yang Curi Jutaan Akun Tokopedia dan Bhinneka

Sebagai langkah pencegahan tambahan, Tokopedia senantiasa mengajak seluruh pengguna mengikuti anjuran langkah pengamanan agar semua tetap terlindungi, seperti memastikan bahwa pengguna selalu mengganti kata sandi akun Tokopedia secara berkala, tidak menggunakan kata sandi yang sama di berbagai platform digital, dan menjaga OTP dengan tidak memberikan kode OTP tersebut kepada pihak manapun termasuk yang mengatasnamakan Tokopedia dan untuk alasan apapun.

“Kami memahami bahwa kejadian ini telah menimbulkan ketidaknyamanan pada seluruh pengguna. Maka dari itu, kami ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pengguna Tokopedia atas dukungan Anda yang tiada henti kepada kami di tengah tantangan kali ini,” tutup William.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

2 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Miskin aman 18 May 2020 | 22:16:46

semua aplikasi butuh keamanan yang lebih canggih

Ayu Dian 12 May 2020 | 16:16:38

apa lagi sih ini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article