home ×
Lifestyle

Pertanyaan Wawancara Kerja di Google yang Bikin Pusing

29 November 2016 By
Pertanyaan Wawancara Kerja di Google yang Bikin Pusing
Share
Share
Share
Share


Di antara inovasi yang dilakukan Google, ada hal membekas yang menjadi ciri khas perusahaan teknologi itu. Salah satunya, pertanyaan rumit yang harus dijawab calon karyawanGoogle setinggi apa pun levelnya.

Pertanyaan rumit itu di antaranya “Berapa banyak bola golf bisa dimasukkan ke dalam bus sekolah?” atau “Mengapa penutup lubang bulat?”

Bagi yang gagal menjawab pertanyaan itu akan menyisakan ketidaknyamanan. Ironisnya petinggi perusahaan juga mengalami kesulitan ketika menjawab pertanyaan itu.

Salah satu contohnya adalah kasus mantan CEO Google Eric Schmidt. Saat ini Schmidt menjabat sebagai CEO perusahaaninduk, Alphabet.

Baca Juga:

Ketika Akun CEOTwitterJack Dorsey Dibloki

Berbicara di Summit at Sea, awal bulan ini, Schmidt mengungkapkan dirinya juga menghadapi pertanyaan rumit saat wawancara kerja. Konferensi ini dihadiri pengusaha kelas atas, entertainer dan lain-lain selama empat hari pelayaran dari Miami ke Bahama

“Anda seorang kapten kapal bajak laut dan Anda menemukan emas rampasan. Awak kapal Anda menanyakan bagaimana emasitu dibagi. Jika kurang dari setengah anggota perompak setuju dengan Anda, Anda mati. Bagaimana Anda merekomendasikan pembagian emas itu sehingga Anda mendapatkan bagian yang menguntungkan tetapi masih bertahan hidup?”

Setelah mengalami kebingungan beberapa saat lamanya, Schmidt seperti dilaporkan Quartz seperti dilansir Independent meminta pertanyaan diulang. Ia mengakui itu adalah “pertanyaan yang benar-benar buruk”. Apa jawaban Schmidt?

“Jika lebih dari setengah senang, saya bertahan hidup. Saya mengusulkan kami akan memberikan 49 persen dari saham bajak laut ke perusahaan internet dan 51 persen untuk mendapatkan emas,” jawabnya.

Ketika petinggi Google berpikir pertanyaan itu “buruk”, sedikit mengherankan perusahaan itu baru meninggalkannya tahun lalu. Pertanyaan-pertanyaan itu dinilai membuang waktu dan tidak jarang justru menyingkirkan kandidat yang cocok untuk posisi pekerjaan tertentu.

Berita Terkait:
Pajak Google Rp5,5 Triliun, Pemerintah Tak Mau Negosiasi Lama
Duh! Kantor Facebook dan Google Terancam Tenggelam
Google Maps Hilangkan Palestina, Netizen ‘Mengamuk’
Google Maps akan Tahu Status Lokasi Parkir di Tempat Tujuan
Mau Nonton YouTube Nggak Pakai Iklan? Ini Caranya

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article