Auto

PPnBM Nol Persen Mobil Bermesin 2.500cc Mulai April!

  • 23 March 2021
  • Bagikan :
    PPnBM Nol Persen Mobil Bermesin 2.500cc Mulai April!

    Uzone.id - Perluasan insentif pajak PPnBM untuk mobil-mobil dibawah 2.500cc dapat lampu hijau Menteri Keuangan Sri Mulyani. Kebijakan ini akan mulai berlaku pada April 2021 ini.

    Pihaknya saat ini sedang melakukan finalisasi peraturan menteri keuangan (PMK) yang mengatur pemberian diskon PPnBM terhadap kendaraan bermotor berkapasitas mesin di atas 1.500 cc sampai 2.500 cc.

    "2.500 cc sedang proses finalisasi PMK-nya, yang nanti bisa berlaku mulai bulan April terutama untuk yang di atas 1.500 hingga 2.500 cc, nanti akan diumumkan begitu selesai PMK-nya," kata Sri Mulyani dalam APBN KiTa edisi Maret 2021 di youtube Kemenkeu.

    Baca juga: Jawaban Wuling Soal Performa Mesin Confero yang Turun

    Syarat dan aturan lebih rinci pun sedang disiapkan, seperti tingkat kandungan lokalnya, pembatasan kapasitas mesinnya dan sebagainya.

    Dalam aturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2013 tentang Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor yang Dikenai Pajak Penjualan atas Barang Mewah. F

    Fortuner dan Innova masuk dalam kendaraan berpenggerak 4x2 dengan kapasitas mesin di bawah 2.500 cc dikenakan tarif PPnBM sebesar 20 persen.

    Rumus menghitungnya memang menjelimet, (NJKB x Koefisien bobot) x nilai PPnBM 20 persen. Namun, dengan perhitungan rumus tersebut, menjanjikan penurunan harga dengan kisaran kasar Rp50 juta sampai Rp80 jutaan.

    Lumayan banget kan?

    VIDEO Review Toyota Vios, Sedan yang Mendadak Laris Manis:

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini