home ×
Digilife

Puluhan Ribu Foto Pengguna Tinder Perempuan Disebar di Forum Kejahatan Siber

19 January 2020 By
Puluhan Ribu Foto Pengguna Tinder Perempuan Disebar di Forum Kejahatan Siber
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi. (Foto: Birgitta Ajeng/Uzone.id)

Uzone.id - Lebih dari 70.000 foto pengguna Tinder perempuan dibagikan tanpa izin di forum yang mempromosikan kejahatan siber. Mengutip Gizmodo, seorang anggota satuan tugas Kota New York terkait serangan seksual dunia maya melaporkan hal tersebut.

Sementara itu, seorang peneliti untuk perusahaan cybersecurity White Ops, Aaron DeVera mengatakan, satuan tugas menemukan foto-foto itu–dan sekitar 16.000 identitas pengguna Tinder—di situs web yang dikenal sebagai trading malware itu.

Baca juga: Prediksi Tren Esports Indonesia di 2020

"Penyebaran data seperti ini biasanya memikat penipu untuk membuat akun-akun palsu yang menyakinkan di platform lain,” ujar Aaron.

"Penguntit mungkin menggunakan ini dengan lebih terencana, dalam upaya untuk menambah koleksi data untuk digunakan untuk menyerang secara individual. Kekhawatiran jangka panjang adalah bahwa foto-foto ini dapat digunakan untuk penipuan dan pelanggaran privasi," imbuhnya.

Baca juga: Induk Usaha Google, Alphabet Tembus Valuasi US$1 Triliun

Hanya saja, motif foto-foto itu diunggah ke situs tersebut masih belum jelas. Ada potensi lebih dari 70.000 foto pengguna Tinder digunakan untuk kegiatan illegal. Foto-foto tersebut bisa dipakai untuk mengganggu pengguna Tinder yang bersangkutan, membuat akun untuk penipuan, atau untuk tujuan jahat lainnya.

Sementara itu, Seorang juru bicara Tinder mengatakan kepada Gizmodo bahwa penggunaan foto atau informasi apa pun di luar aplikasi sangat dilarang.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article