Auto

Rahasia All New Xenia Kuat Nanjak Meski Pakai Penggerak Depan

  • 06 December 2021
  • Bagikan :
    Rahasia All New Xenia Kuat Nanjak Meski Pakai Penggerak Depan Foto: Bagja

    Uzone.id - Perdebatan soal mana mobil yang paling jago nanjak, apakah yang menggunakan penggerak depan atau belakang, sepertinya gak ada habisnya.

    Sementara pada fakta di lapangan, memang kerap kejadian mobil dengan penggerak depan kewalahan ketika harus melahaop tanjakan.

    Dan ketika Daihatsu Xenia terbaru malah ikutan memindahkan penggerak rodanya dari belakang ke depan, pertanyaan apakah kuat nanjak atau tidak pun bermunculan.

    Baca juga: Test Drive All New Xenia Melibas Tanjakan Yogyakarta - Semarang

    Daihatsu pun memberikan kami kesempatan untuk membuktikannya sendiri di rute yang cukup menantang di kawasan Magelang, Jawa Tengah.

    Hasilnya, Xenia cukup baik melibas tanjakan baik dengan ancang-ancang terlebih dahulu, maupun ketika harus stop n go di tanjakan. Semuanya berhasil dilewati dengan baik.

    Apa rahasianya? Bambang Supriyadi, Technical Service Division Head Astra Daihatsu Motor coba memberikan penjelasan kenapa tidak seperti kompetitornya, meski sama-sama sudah berpenggerak depan, Xenia tetap sanggup melibas tanjakan.

    “Kita melakukan penyesuaian berdasarkan riset dari kebiasaan konsumen saat melibas tanjakan, itu semua kami lakukan di RnD yang ada di Indonesia, jadi lebih cocok dengan kondisi sebenarnya,” bebernya.

    Bambang menjelaskan lebih lanjut, kebanyakan orang Indonesia hanya menginjak pedal gas 20-40 persen saat melibas tanjakan, karena kalau lebih dari itu, roda mobil akan spin dan kehilangan traksi yang akhirnya mobil gagal menanjak.

    Nah, pada posisi pedal gas hanya 20-40 persen tersebut lah, Daihatsu melakukan maping ECU untuk menambahkan torsi, sehingga performa mobil saat menanjak tetap baik. Ditambah, ada setingan gear ratio yang dirubah dari model sebelumnya.

    Hasil uji internal Daihatsu:

    VIDEO Test Drive All New Xenia Melibas Tanjakan Jawa Tengah

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini