home ×
Digilife

Rawan Serangan Siber, Simak 5 Tips Amankan Keuangan Online

06 September 2021 By
Rawan Serangan Siber, Simak 5 Tips Amankan Keuangan Online
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Ancaman seluler di Asia Tenggara mengalami peningkatan yang cukup mengkhawatirkan akhir-akhir ini. Menurut survey Kaspersky, jumlah serangan trojan m-banking mengalami peningkatan sekitar 60 persen di Asia Tenggara.

Trojan M-Banking ini dipakai pelaku untuk mencuri uang langsung dari rekening bank korbannya. Program ini terlihat seperti aplikasi keuangan resmi, jadi pengguna harus teliti dalam mengakses dan memasukkan data penting rekening pribadi.

Indonesia dan Vietnam menjadi negara dengan insiden paling banyak selama satu semester tahun ini di Asia Tenggara. Secara global, dua negara ini berada di peringkat 27 untuk Vietnam dan 31 untuk Indonesia.

Baca juga: Minecraft Jadi Game Online Teratas Dimanfaatkan Penjahat Online

Meski serangan trojan M-Banking di Asia masih terpantau rendah, namun penemuan terbaru Kaspersky memperlihatkan bahwa serangan ini mulai meningkat dari periode tahun lalu.

Oleh karena itu, alangkah baiknya pengguna melakukan beberapa upaya preventif untuk menghindari kemungkinan adanya serangan trojan pada aplikasi keuangan online mereka. Berikut 5 tips untuk meningkatkan keamanan finansial secara online:

Pakai Kartu Kredit Sementara

Untuk menghindari kemungkinan ancaman saat berbelanja online, kalian bisa menggunakan kartu kredit sementara. Kalian bisa menghubungi perusahaan kartu kredit kalian untuk mendapatkan nomor kartu kredit sementara.

Cara lainnya, jika tak bisa menggunakan kartu kredit sementara kalian bisa menggunakan kartu kredit dengan limit rendah.

Sediakan Komputer Khusus untuk Transaksi Keuangan

Kalian bisa memanfaatkan satu perangkat khusus saat melakukan transaksi keuangan. Ini bisa menghindari aktivitas komputer yang memudahkan malware masuk seperti penjelajahan internet, mengunduh file, memeriksa email, jejaring sosial dan lainnya. 

Dengan menyediakan komputer khusus untuk transaksi keuangan termasuk belanja online, perangkat akan bersih dan terhindar dari ancaman virus serta infeksi lainnya.

Kalian juga bisa menggunakan Google Chrome untuk keamanan situs web yang diakses.

Pakai Alamat Email Khusus

Pakai alamat email khusus transaksi keuangan. Seperti perangkat khusus, email yang khusus digunakan untuk transaksi keuangan akan membatasi jumlah pesan yang diterima, dan mengurangi resiko terpapar email berbahaya seperti promosi dan lainnya.

Lindungi dan kelola kata sandi Online

Salah satu tips untuk membuat kata sandi aman adalah gunakan kata sandi yang kuat dan sulit ditebak orang lain, serta kata sandi yang berbeda untuk setiap akun online. Agar gampang mengingat, kalian bisa menggunakan layanan pengelola kata sandi, seperti Password Google.

Gunakan VPN

Yang terakhir, ketika kalian menggunakan Wi-Fi publik untuk melakukan transaksi, jangan lupa untuk menggunakan VPN. 

Mengutip Kaspersky dalam siaran persnya, VPN akan mengenkripsi semua data yang ditransfer antara komputer atau perangkat seluler Anda. VPN dapat mencegah aksi pembajakan dan mencegah mereka melihat data sensitif milik pengguna.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id