icon-category Digilife

Recap News Pekan Ini: Data Bocor Hingga Lamaran ‘Ratu TikTok’ Sisca Kohl

  • 28 Aug 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: Gilles Lambert/Unsplash

    Uzone.id - Another week, another recap news nih, Uzoners. Minggu ini kita dibikin sibuk dengan rentetan kasus kebocoran yang menimpa instansi negara. Ada juga peluang bisnis baru yang lagi ngetren tapi sedikit tak masuk di akal, yaitu jasa screenshot iPhone. Hmmm ada-ada saja, ya.

    Pekan ini ditutup oleh kabar gembira YouTuber Jess No Limit dan ratu TikTok Sisca Kohl yang mengumumkan proses lamaran mereka. Warganet pun turut senang dengan kabar ini, tak sedikit yang bilang kalau keduanya merupakan pasangan super sultan. 

    Mau tahu penjelasan lebih detailnya? Yuk kira bahas satu persatu.

    Kebocoran Data PLN hingga Jasa Marga

    Lagi dan lagi, kebocoran data menjajah Indonesia. PLN menjadi instansi negara selanjutnya yang menjadi korban kejahatan oknum siber.

    Beredar tangkapan layar (screenshot) dari platform RaidForums, sebuah postingan dari pengguna bernama Loliyta pada Kamis, 18 Agustus 2022 mengumumkan bahwa ia menjual data 17 juta PLN.

    Menurut pengamat cyber security Vaksincom, Alfons Tanujaya, data tersebut kemungkinan besar akurat.

    “Perlu dipastikan data dari PLN bagian mana yang bocor, agar bisa dilakukan mitigasi dan mengambil pencegahan untuk eksploitasi datanya,” ungkap Alfons saat dihubungi Uzone.id, Jumat (19/8).

    Selanjutnya, ada layanan IndiHome yang kabarnya diretas hacker. Diduga, sebanyak 26 juta histori pencarian, lengkap dengan keyword, email, nama, jenis kelamin, hingga NIK dari pelanggan IndiHome diperjualbelikan di situs Bjorka.

    Menanggapi hal ini, Telkom Indonesia secara tegas menyatakan kalau data-data pengguna IndiHome yang dikabarkan bocor ke publik di situs Bjorka merupakan data yang tak valid alias fabrikasi (rekayasa).

    Pihak Telkom memastikan kalau data-data pelanggan IndiHome saat ini masih tetap aman dan terkendali menggunakan teknologi yang terintegrasi dari Telkom.

    Baca juga: 252 GB Datanya Diduga Bocor, Ini Jawaban Jasa Marga

    Selanjutnya, ada PT Jasa Marga yang juga jadi target selanjutnya peretasan data-data internal. 

    Sebanyak 252 GB data dari operator jalan toll terbesar di Indonesia, PT Jasa Marga (PT JMTO) dikabarkan diretas oleh hacker Desorden Group dan dijual di situs breach.co, Selasa, (03/08).

    Data-data ini berisi dokumen dan coding, termasuk data pengguna, pelanggan, karyawan, korporat bahkan data finansial.

    PT Jasa Marga lalu memberikan tanggapan soal kabar kebocoran data ini. 

    Pihaknya menjelaskan bahwa data yang dimaksud merupakan data internal dan data administrasi yang ada di aplikasi PT JMTO.

    Jasa Marga juga menegaskan bahwa data-data tersebut tidak berkaitan dengan data-data pelanggan.

    "Sudah dipastikan tidak berkaitan dengan data pelanggan pada aplikasi PT JMTO," ujarnya dilansir dari Bisnis Tempo, Jumat (26/08).

    Bisnis Baru: Jual Jasa Screenshot iPhone, Mac, hingga iPad

    Ada-ada saja tren baru di media sosial yang bikin kita terheran-heran. Di TikTok, lagi viral nihjual jasa screenshot atau SS di iPhone.

    Jasa ini memberikan layanan screenshot dengan tampilan iPhone. Layanan yang ditawarkan pun bervariatif mulai dari tampilan wallpaper, profil Instagram, chat DM Instagram, repost Instagram, UI Spotify, hingga screen recorder.

    Tarif yang ditawarkan pun relatif murah. Dilansir dari berbagai sumber, untuk jasa screenshot iPhone wallpaper atau chat dikenakan biaya Rp300 sampai Rp500. Sementara untuk repost story Instagram Rp600 dan jasa screen recorder Rp1.000 hingga Rp2000 per menit.

    Baca juga: Jual Jasa Screenshot iPhone Viral, Awas Data Pribadi Terancam

    Menurut salah satu pengguna TikTok dengan nama akun @ndigold atau Bang Andik, ia berpendapat bahwa hal tersebut bisa membuka peluang terhadap pencurian data pribadi pelanggan.

    Hmmm, hati-hati ya guys jangan sampai gara-gara ikut tren, keamanan data pribadi malah jadi jaminannya.

    Lamaran Sultan YouTuber Jess No Limit dan Ratu TikTok Sisca Kohl

    Linimasa media sosial lagi hebih membahas lamaran TikToker Sisca Kohl dengan kekasihnya, Jess No Limit yang tak lain dan tak bukan adalah ‘raja Mobile Legends’.

    Kabar ini mencuat setelah Jess No Limit mengunggah momen kebersamaannya saat melamar Sisca Kohl di akun Instagram pribadi miliknya pada hari Kamis malam (25/8). Nama Sisca Kohl pun mendadak trending di Google dengan total 50rb+ penelusuran.

    Baca juga: ‘Ratu TikTok’ Sisca Kohl Dilamar Jess No Limit!

    Momen membahagiakan ini turut dibagikan Justin melalui kanal YouTube pribadinya dengan judul “Sisca Kohl: Will You Marry Me?”

    Dalam video tersebut, Justin memperlihatkan rencana ‘terselubungnya’ di hari itu, mulai dari mengantar sang adik dan mamanya mengambil cincin lamaran di Singapore hingga prank dinner romantis untuk Sisca.

    Menurut warganet, lamaran Jess dan Sisca Kohl ini seakan-akan menyatukan dua sultan yang bakal bikin posisi Rafathar terancam. Haha, ada-ada saja warganet ini.

    Ada juga yang menebak souvenir apa yang akan dibagikan saat pernikahan mereka, ada yang bilang Ferrari saking sultannya mereka. Haha

    Nah, itu tadi 3 trending news yang lagi ramai di kalangan warganet. Kira-kira minggu depan warganet bahas apa lagi ya?

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini