icon-category Digilife

Recap News Pekan Ini: Warganet Terus Kawal Kasus Brigadir J

  • 14 Aug 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: Firmbee.com @firmbee/Unsplash

    Uzone.id - Trending news kali ini masih diisi oleh berbagai hot topic yang menjadi perhatian warganet di media sosial. Kalau pekan kemarin diisi dengan huru-hara soal aplikasi yang diblokir Kominfo, warganet saat ini sudah mulai move on dan membahas hal lain.

    Ada kabar Epic Games yang sudah bisa diakses kembali, lalu warganet yang main ‘detektif-detektifan’ untuk menebak kasus Brigadir J yang belum juga usai, ada juga kabar mie instan yang katanya harganya akan naik berkali-kali lipat.

    Untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasannya berikut ini.

    Epic Games Sudah Bisa Diakses

    Setelah 6 aplikasi sebelumnya sudah dibuka aksesnya lebih dulu, Epic Games akhirnya ikut dinormalisasi pada pekan ini, tepatnya pada Selasa, (09/08).

    Normalisasi alias pencabutan blokir ini dilakukan Kominfo setelah developer Epic Games mendaftarkan produknya ke PSE Lingkup Privat. 

    Baca juga: Asyik! Akhirnya Epic Games Sudah Bisa Diakses Lagi

    Dengan begitu, pecinta game di Indonesia sudah bisa menikmati kembali game-game seperti Fall Guys, Genshin Impact, Fortnite dan lainnya lewat Epic Games. 

    Sebelumnya, 7 aplikasi PSE yang belum melakukan pendaftaran di Kominfo telah diblokir aksesnya semenjak akhir Juli 2022 lalu. Aplikasi-aplikasi ini adalah Yahoo.com, Steam, PayPal, Origin.com, Epic Games, Dota, dan CS Go.

    Pemblokiran ini jadi rujakan warganet di media sosial, lho. Bahkan ada petisi dan juga hitung mundur ‘kiamat internet’ di Indonesia ketika Kominfo hendak memblokir aplikasi-aplikasi yang tidak mendaftar PSE Lingkup Privat. 

    Warganet Jadi Detektif Kasus Brigadir J

    Warganet kini mengalihkan perhatiannya ke kasus pembunuhan anggota polisi Brigadir J atau Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat di rumah dinas bekas Kepala Divisi dan Profesi Pengamanan Polri Irjen Ferdy Sambo pada 8 Juli 2022.

    Kasus pembunuhan ini menimbulkan banyak spekulasi termasuk reaksi warganet karena hal-hal janggal di dalamnya. Nama-nama terkait kasus ini pun terus menjadi trending di media sosial, Twitter. 

    Per hari ini, Jumat (12/08), nama Sambo, Polri dan Brigadir J masih masuk dalam trending topic Indonesia. Dalam perkembangannya, tersangka dari pembunuhan ini semakin bertambah, bisa dibilang kasus ini semakin rumit dan melibatkan banyak pihak.

    Polisi telah menetapkan 4 tersangka dalam kasus ini, yaitu Irjen Ferdy Sambo, Bripka Ricky Rizal (RR), Richard Eliezer atau Bharada E, dan seorang ART bernama Kuat Ma'ruf (KM). Namun, jumlah tersangka ini kemungkinan masih akan bertambah nantinya.

    Warganet pun mengawal kasus ini dengan seksama, tak sedikit juga mempertanyakan apa alasan sesungguhnya dibalik kasus ini, begitupun kejadian sebenarnya. Warganet meminta pihak berwajib untuk mengungkapkan kasus tersebut hingga ke akarnya agar tidak ada lagi kasus serupa sampai-sampai mengorbankan nyawa seseorang.

    Mie Instan Naik Harga, Anak Kosan Overthinking

    Anak-anak kosan curhat di Twitter setelah mengetahui kabar bahwa harga mie instan akan naik 3x lipat. Usut punya usut, ternyata rencana kenaikan harga mie instan ini ada hubungannya dengan perang Ukraina-Rusia yang sedang berlangsung.

    “Kita dihadapkan Perang Rusia-Ukraina dimana ada 180 juta ton gandum yang gak bisa keluar, jadi hati-hati yang makan mie (karena) banyak terbuat dari gandum, besok harganya (naik) 3 kali lipat,” ujar Menteri Syahrul Yasin dalam sebuah webinar seperti dikutip dari berbagai sumber.

    Baca juga: Harga Mie Instan Terancam Naik, Anak Kosan Curhat di Twitter

    Warganet yang juga anak kosan pun mulai merasa was-was dan overthinking, mereka mulai ramai menghiasi linimasa Twitter dengan curhatannya terkait hal ini.

    Anak kosan gimana nasibnyaa ini :’( :’( padahal mie always to the rescue buat ngehemat,” tulis salah satu sender autobase khusus makanan, @Foodfess2.

    Kalo harga Indomie beneran naek sampe 3x lipat, dah lah gatau lagi kudu gimana,” tulis warganet lainnya.

    jgn dong plis pemerintah harga mi ny dinaikin. ak org miskin yg ngerantau dikota org buat kuliah tiap hari psti ad aj makan mie instan, meskipun cuma mi sakura yg termurah itu. ap g kasian, mi sakura dinaikin. blm lg nugas dll. ingat. aku org miskin. Sekian,” tweet anak kosan lainnya.

    Serba-Serbi Masa Ospek Kampus Ramai Sampai ke Medsos

    Pekan ini juga warganet ramai membicarakan soal ospek berbagai universitas di Indonesia. Mulai dari kasus ospek Untirta yang dikecam habis-habisan oleh warganet karena dianggap berlebihan.

    Ospek Untirta ini dinilai kejam karena para mahasiswa baru diperintahkan untuk berjemur di bawah terik matahari berjam-jam, bahkan banyak diantara mahasiswa baru mengalami tekanan hingga dehidrasi.

    Tentunya hal ini memicu amarah warganet yang menganggap ini sudah diluar batas wajar, mereka mengecam panitia ospek hingga pihak universitas karena telah membiarkan hal seperti ini terjadi.

    Kalau ospek Untirta bikin warganet murka, Ospek di ITS justru bikin warganet terhibur. Pasalnya, ikon ITS ‘Imroatus’ yang sempat viral pada tahun 2020 lalu hadir memberi sambutan kepada mahasiswa baru ITS.

    Nama Imroatus sempat viral di media sosial karena tingkahnya pada saat mengikuti Zoom acara kampus ITS. Pada saat bertanya di Zoom, Imroatus menggunakan filter Alien, begitupun dengan sound effect nya, hal ini bikin warganet terhibur bahkan videonya sudah ditonton hingga 8,3 juta kali.

    Pada saat ospek tahun ajaran 2022 di ITS, Imroatus kembali ramai dibicarakan. Bahkan ada mahasiswa baru yang terang-terangan membawa kertas menuliskan nama Imroatus. Tak lama setelah itu, jagat Twitter kembali dibikin tertawa oleh Imroatus yang comeback memberikan sambutan ke mahasiswa baru, lengkap dengan suara dan filter Alien khasnya.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini