icon-category Digilife

Recap Trending News: iPhone 14, Hacker Bjorka dan Ratu Elizabeth II Wafat

  • 11 Sep 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: Ilyuza Mingazova/Unsplash

    Uzone.id - Akhir pekan saatnya kita recap lagi apa saja yang terjadi selama satu minggu ke belakang.

    Pekan kali ini diisi dengan berbagai kabar menarik, dari yang bikin greget hingga kabar duka yang jadi sorotan warganet dunia. Pekan kali ini juga masih sama dengan pekan lalu, yaitu kasus kebocoran data yang masih saja belum menemukan senjata ampuhnya.

    Nah, tanpa panjang lebar mari kita flashback kembali ke seminggu ke belakang dan bahas satu persatu kabar yang banyak dibicarakan warganet di media sosial.

    Hacker Bjorka vs Kominfo

    Saat ini, Kominfo sedang kelimpungan gara-gara aksi hacker Bjorka yang terlalu lihai membobol sistem keamanan layanan di Indonesia. Apalagi beberapa waktu lalu, file berisi 1,3 miliar data SIM hingga data KPU berhasil dibobol si Bjorka ini.

    Makin geramlah Kominfo sampai-sampai mengirimkan pesan pada para hacker untuk tidak menyerang dan menyebarkan data-data masyarakat Indonesia.

    “Jangan menyerang, karena tiap kali ada kebocoran data ya yang dirugikan adalah masyarakat. Kalau bisa jangan menyerang karena ini kan perbuatan illegal access,” pesan Dirjen APTIKA Kominfo, Semuel A. Pangerapan pada 5 September 2022 lalu.

    Baca juga: Aksi Bjorka Berlanjut, Klaim Bocorkan Surat Rahasia Milik Jokowi

    Pesan ini akhirnya sampai juga ke telinga sang peretas, pesan bakasannya hanya satu kalimat, tapi cukup savage dan sangat berani.

    Pesanku untuk Pemerintah Indonesia: STOP BEING AN IDIOT,” tulisnya dengan huruf kapital berwarna merah.

    Tak cukup hanya dengan satu kalimat umpatan, sang hacker juga gencar melanjutkan aksinya dengan membobol data pemerintah Indonesia. Terbaru, ada data surat menyurat BIN dan presiden yang bersifat rahasia serta data MyPertamina yang katanya akan jadi sasaran selanjutnya.

    Sementara itu, dengan tingginya intensitas kebocoran data di Indonesia, pemerintah berencana untuk segera mengesahkan RUU PDP (Perlindungan Data Pribadi) secepat mungkin agar kasus kebocoran data-data masyarakat dapat dipertanggungjawabkan dengan hukum yang jelas.

    Susul BBM, tarif ojek online juga ikut naik

    Seminggu setelah pengumuman BBM naik, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) resmi mengumumkan tarif baru ojek online (ojol). Tarif baru ojol resmi akan mulai berlaku pada 11 September 2022.

    "Sesuai kesepakatan dengan aplikator berlaku 11 September pukul 00.00 WIB atau tengah malam nanti," ujar Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati, dilansir dari CNN Indonesia.

    Tarif yang diumumkan hari ini adalah perubahan dari tarif yang diatur dalam Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 564 Tahun 2022.

    Baca juga: Grab Naikkan Tarif Ojol 11 September Pukul 00.01 WIB

    Dari penjelasan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Hendro Sugianto pada konferensi pers hari ini, Rabu (7/9), tarif ojol akan dibagi ke dalam tiga zona, baca disini untuk informasi lebih detailnya.

    Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Hendro Sugianto sebelumnya menggelar jumpa pers pada Rabu (7/9), bahwa kenaikan tarif ojol mulai berlaku Sabtu (10/9) untuk menyesuaikan kenaikan harga BBM jenis Pertalite, solar bersubsidi dan Pertamax yang berlaku pada 3 September 2022.

    Menanggapi hal ini, Grab mengumumkan akan menaikkan harga sesuai dengan peraturan yang ditetapkan pemerintah.

    "Grab akan menerapkan tarif ojek online baru pada platform kami sesuai dengan waktu yang ditetapkan oleh pemerintah," ungkap Director of Central Public Affairs Grab Indonesia, Tirza Munusamy kepada Uzone.id.

    Euforia Apple Event - Dirilisnya iPhone 14 Dkk

    Sudah jadi agenda tahunan buat Apple untuk melaksanakan acara Apple Event pada bulan September, kali ini yang jadi bintangnya tentu seri iPhone 14 terbaru.

    Warganet menyambut riuh kehadiran iPhone 14 ini, ada yang senang dan berniat segera membeli produk anyar Apple ini, ada juga yang meringis karena melihat keadaan dompet ada juga yang mencibir soal inovasi Apple yang itu-itu saja.

    Walau begitu, Apple Event jadi salah satu acara peluncuran yang ditunggu-tunggu banyak orang di seluruh dunia. Buktinya, penonton Apple Far Out 2022 memiliki jumlah penonton mencapai 3,6 juta lebih.

    Baca juga: Kuartet iPhone 14 Series Melenggang Resmi

    Putri mendiang Steve Jobs pun sempat menyindir kalau iPhone 14 serupa dengan iPhone generasi sebelumnya. Ia memposting meme seorang lelaki yang memegang baju baru yang serupa dengan baju yang sedang ia pakai.

    Sementara itu, iPhone 14 series meluncur dengan varian iPhone 14 standar, 14 Plus, 14 Pro dan model tertinggi iPhone 14 Pro Max. Untuk spesifikasinya, kalian bisa cek di tautan ini.

    Soal harga, iPhone 14 dijual dengan harga mulai USD 799 atau Rp11,8 jutaan, iPhone 14 Plus dibanderol USD 899 atau Rp13,3 jutaan, iPhone 14 Pro dipasarkan USD 999 atau Rp14,8 jutaan dan iPhone 14 Pro Max dijual seharga USD 1.099 atau Rp16,3 jutaan.

    Selain iPhone 14, Apple juga merilis produk lainnya seperti Apple Watch Series 8, dan AirPods Pro 2.

    Meninggalnya Ratu Elizabeth II

    Salah satu kabar mengejutkan dan menjadi sorotan warganet dunia adalah meninggalnya Ratu Kerajaan Inggris, Elizabeth II. 

    Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada 8 September 2022 di Balmoral Castle, Skotlandia. Pemimpin monarki terlama di Inggris itu tutup usia di 96 tahun. 

    Lahir dengan nama Elizabeth Alexandra Mary di Mayfair, London, 21 April 1926, Ratu Elizabeth II menjadi pemimpin monarki terlama di Inggris, yakni selama 70 tahun.

    Kabar mengejutkan ini langsung ramai di linimasa media sosial, terutama Twitter. Akun resmi Twitter dan Instagram Royal Family mengumumkan kabar ini secara langsung.

    Baca juga: Potret Ratu Elizabeth II Dominasi Laman Web Resmi Apple

    Sang Ratu telah meninggal dunia dengan tenang di Balmoral siang hari ini,” cuit @RoyalFamily.

    Sejak berita ini terkuak pada pukul 12.30 WIB, tagar #QueenElizabeth langsung menggema di Trending Topic Twitter. Dari pantauan Uzone, jumlah cuitan yang menggunakan tagar ini sudah mencapai lebih dari 600 ribu twit.

    Bahkan dari situs Trends24, jumlah cuitan yang menggunakan tagar #QueenElizabeth bertambah secara cepat dalam kurun satu hingga dua jam.

    Selain #QueenElizabeth, topik seputar “Charles”, “Camilia”, “Diana”, “William”, hingga serial Netflix ‘The Crown’ juga masuk ke jajaran Trending Topic. ‘The Crown’ sendiri merupakan tayang serial original Netflix yang menceritakan tentang perjalanan Ratu Elizabeth II dari awal ia memegang tahta Inggris.

    Nah, itu tadi beberapa kabar yang menyita banyak perhatian warganet selama satu minggu ke belakang. Anyway, selamat berakhir pekan, Uzoners!

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini