icon-category Gadget

Rekomendasi 10 Smartphone 5G Murah di Indonesia

Uzone.id - Smartphone dengan spesifikasi 5G di Indonesia harganya gak mahal-mahal lagi. Ada cukup banyak pilihan ponsel 5G murah yang harga resminya mulai Rp2 jutaan di Indonesia.

Memang sih, jaringan generasi kelima di tahan air gak seluas cakupan 4G LTE yang sudah menyelimuti hampir semua wilayah di Indonesia. Namun setidaknya, kehadiran smartphone 5G dengan harga terjangkau membuat semua orang berkesempatan memakai ponsel dengan teknologi mutakhir ini.

Nah, tim Uzone.id kali ini telah merangkum 10 smartphone 5G dengan harga murah yang tersedia di Indonesia. Kalian bisa membelinya secara resmi di toko offline atau online.

Redmi 10 5G

Pilihan pertama adalah Redmi 10 5G yang jadi smartphone 5G terbaru yang baru diluncurkan Xiaomi ke pasaran Indonesia. Ponsel 5G murah ini dijual dengan banderol harga Rp2,7 jutaan saja untuk model terendahnya.

Kenapa bisa murah? Lantaran menggunakan prosesor 5G yang memang gak kencang-kencang amat. MediaTek Dimensity 700 disematkan di dalamnya, dipadukan dengan RAM mulai 4 GB dan memori penyimpanan 128 GB.

Baca juga: Foto Redmi 10 5G, Desain Stylish dan Nyaman Digenggam

Selain 5G, smartphone baru dari Xiaomi Indonesia ini juga mengandalkan kamera 50MP. Kapan lagi kan punya ponsel Rp2 jutaan yang memiliki kamera beresolusi tinggi?

Realme Narzo 50 5G

Selanjutnya, Realme Narzo 50 5G yang harganya sedikit lebih mahal, tapi gak sampai belasan juta rupiah kok. Di Indonesia, Realme Narzo 50 5G dijual Rp3,2 jutaan dan cuma tersedia satu varian saja, yakni RAM 6 GB dan memori penyimpanan 128 GB.

Baca juga: Kelebihan & Kekurangan Realme Narzo 50 5G

Prosesor yang digunakan Realme Narzo 50 5G lebih bagus, yakni MediaTek Dimensity 810 yang memiliki clock-speed tertinggi mencapai 2,4 GHz. Fitur penunjang lainnya, smartphone ini sudah punya baterai 5.000 mAh yang bisa diisi dengan fast charging 33W, NFC hingga kamera 48MP.

Vivo T1 5G

Pilihan lainnya yang bisa kalian beli adalah Vivo T1 5G. Di Indonesia, harga smartphone 5G murah dari Vivo ini mulai dari Rp2,9 jutaan untuk versi terendahnya.

Vivo T1 5G ditenagai oleh prosesor yang sama dengan Realme Narzo 50 5G, yakni MediaTek Dimensity 810 yang dibuat dengan fabrikasi 6nm. Sekadar informasi, makin kecil arsitektur maka makin bertenaga dan efisien juga daya baterainya. 

Baca juga: Review Vivo T1 5G

Kayak dua ponsel yang sudah kita sebutkan di atas, Vivo T1 5G juga ditopang oleh baterai 5.000 mAh. Bebas deh kalian mau browsing-an atau akses medsos sampai berjam-jam, gak usah khawatir baterainya boros.

Apalagi sudah didukung fast charging 18W yang bisa ngecas dengan cukup cepat. Adapun buat kamera utamanya, 50MP dan selfie 16MP. Ciamik gak?

Infinix Zero 5G

Harga Rp2 jutaan, tapi spesifikasinya upgrade banget. Yup! Infinix Zero 5G. Smartphone ini dijual dengan harga Rp2,9 jutaan saja, tapi mengusung spesifikasi yang jauh lebih baik dari kompetitor di kelasnya.

Masih pakai prosesor MediaTek sih, tapi tipenya yang jauh lebih baik. Smartphone ini ditenagai MediaTek Dimensity 900 yang dikombinasikan dengan RAM 8 GB, memori penyimpanan 128 GB dan baterai 5.000 mAh dengan fast charging 33W.

Gamer pasti suka deh, lantaran smartphone ini sudah mendukung layar IPS LCD seluas 6,78 inci dengan refresh rate 120Hz. Dengan harga Rp2 jutaan saja, kalian bisa memanfaatkan kamera belakang 4*MP dan kamera selfie 16MP pada ponsel ini.

Poco M3 Pro 5G

Seri lawas, tapi masih layak untuk dijadikan pilihan. Poco M3 Pro 5G dijual di Indonesia dengan banderol mulai Rp2,8 jutaan.

Secara spesifikasi prosesor sih sama dengan Redmi 10 5G. Smartphone ini ditopang oleh MediaTek Dimensity 700 yang memang jadi SoC (system on chip) murah untuk sekarang.

Baca juga: Review Poco M3 Pro 5G

Kemudian RAM-nya minimal 6 GB dengan memori penyimpanan 128 GB. Kendati begitu, spesifikasi lainnya seperti layar, lebih baik Poco M3 Pro 5G.

Layar smartphone ini sudah 90Hz dan luas pula, ukurannya 6,5 inci dengan resolusi Full HD+. Belum lagi baterainya yang sudah 5.000 mAh yang diklaim tahan lama. Sayang, fast charging-nya cuma 18W saja, kalah jauh dari kompetitor lainnya.

Samsung Galaxy M23 5G

Kalau kalian carinya ponsel 5G murah dari Samsung, Galaxy M23 5G bisa jadi opsi utama. Harganya di toko online mencapai Rp3,2 jutaan untuk model 6/128 GB.

Performanya lebih apik berkat prosesor Snapdragon 750 5G yang dirancang dengan fabrikasi 8nm. Prosesor terbaru ini juga menyuguhkan power maksimal pada kecepatan 2,2 GHz.

Baca juga: Mengenal Samsung Galaxy M23 5G

Selain mengunggulkan sektor jaringan internet 5G yang sudah didukungnya, Samsung Galaxy M23 5G juga mengusung layar 120Hz pada panel 6,6 inci berjenis TFT LCD. Kemudian terdapat kamera 50 MP juga yang bisa kalian manfaatkan untuk memotret dan membagikannya ke media sosial dengan cepat.

Vivo Y75 5G

Next! Ada Vivo Y75 5G yang juga bisa jadi opsi ketika kalian ingin membeli smartphone 5G dengan harga yang murah. Di Indonesia, smartphone dengan fitur dual-on 5G itu dijual dengan harga Rp3,9 jutaan di Indonesia.

Dapur pacunya pun tergolong sederhana, MediaTek Dimensity 700 5G yang dipasangkan dengan RAM 8 GB serta memori penyimpanan 128 GB. Baterainya pun sama dengan kompetitor, 5.000 mAh tapi cuma bisa diisi dengan fast charging 18W saja.

Buat penggemar Vivo, seri Y75 5G ini lebih mengedepankan kualitas kameranya. Kita tau lah, sistem AI atau kecerdasan buatan dari Vivo di sektor ini terbilang mengesankan.

Motret di skenario yang sulit, biasanya tetap mendapatkan hasil yang ciamik. Apalagi kamera utama Vivo Y75 5G sudah 50MP dan kamera selfie 16MP. 

Samsung Galaxy A22 5G

Sumber foto: Sammobile

Pilihan ponsel 5G harga murah lainnya jatuh ke Samsung Galaxy A22 5G. Kapan lagi dapat smartphone 5G Samsung dengan harga Rp2,8 jutaan doang?

Smartphone ini bersaing ketat dengan Redmi 10 5G lantaran range harganya yang nyaris sama. Samsung Galaxy A22 5G ditenagai oleh prosesor MediaTek Dimensity 700, yang memang populer di rentang harga segini.

Lalu dipasangkan dengan RAM 6 GB, memori penyimpanan 128 GB dan baterai dengan besaran 5.000 mAh. Cuma fast charging-nya nih, 15W saja kalah dari para pesaingnya dari merek China.

Tapi buat kalian yang memang mencari ponsel 5G Samsung yang terjangkau, Galaxy A22 5G bisa dijadikan pilihan yang pas.

Realme 9 Pro

Sebagian besar dari daftar yang kami bagian memang ditenagai prosesor MediaTek. Tapi bukan berarti ponsel dengan otak Qualcomm Snapdragon mahal-mahal.

Ada juga kok yang murah, seperti Realme 9 Pro yang dilengkapi Snapdragon 695 5G dan dijual dengan harga mulai Rp3,5 jutaan di toko online. Smartphone ini gak serta-merta ngandelin koneksi 5G saja, tapi spesifikasi lainnya memang dipersiapkan buat para gamer ‘budget cekak’ juga.

Layar 120Hz berjenis IPS LCD berukuran 6,6 inci dan beresolusi Full HD+ jadi salah satunya. Kemudian RAM yang bisa diperluas dengan fitur RAM Expansion juga bisa dimanfaatkan agar aktivitas gaming semakin lancar.

Sementara bagian kameranya, kalian bisa memanfaatkan kamera 64MP pada smartphone ini. Keren kok hasilnya, apalagi sudah dikonfigurasi oleh sistem AI buatan Realme langsung.

Oppo A74 5G

Mengisi daftar terakhir adalah Oppo A74 5G. Ponsel harga Rp2,6 jutaan ini memang terbilang seri lawas karena diperkenalkan pertama kali di pertengahan tahun lalu.

Oppo A74 5G jadi salah satu ponsel pertama di Indonesia dengan prosesor Snapdragon 480 5G lho. Chipset tersebut dibuat dengan fabrikasi 8nm yang cukup ngebut dan punya efisiensi daya yang baik.

Smartphone ini juga sudah mengusung layar 90Hz berjenis IPS LCD berukuran 6,5 inci. Resolusinya Full HD+ dengan intensitas cahaya yang lumayan tinggi, mencapai 480 nits.

Buat kalian yang suka fotografi, ada kamera 48MP dengan PDAF yang bisa dimanfaatkan.Untuk selfie? Tenang, ada kamera 16MP yang didukung AI fotografi asli racikan Oppo.

Itu tadi daftar smartphone atau ponsel 5G dengan harga murah yang tersedia di Indonesia. Mana pilihan kalian, Uzoners?

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini