home ×
Gadget

Review 2 AIoT realme, Buds Q2 dan Buds Wireless 2 Neo

16 June 2021 By
Review 2 AIoT realme, Buds Q2 dan Buds Wireless 2 Neo
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - realme langsung menggeber pasar AIoT di Indonesia dengan dua perangkat audio nirkabel buatannya. Ada realme Buds Wireless 2 Neo dan realme Buds Q2. Dua-dua sudah menghilangkan kabel sehingga tak perlu ribet lagi, namun yang satu untuk menjadi neckband paling sporty sedangkan yang lainnya menjadi TWS paling lengkap di kelasnya.

Kebetulan Uzone.id mendapatkan kesempatan untuk menjajal dua perangkat audio tersebut. Dari sisi kemasan, neckband realme Buds Wireless 2 Neo lebih lebar ketimbang realme Buds Q2 yang memang imut.  

Berikut kesan kami saat menggunakan kedua perangkat.

realme Buds Wireless 2 Neo

Neckband ini hanya berbobot 23.1g, atau seberat dua buah ceri. Saking ringannya, cukup nyaman untuk dipakai sepanjang hari. Selain ringan, perangkat ini juga fleksibel, dan bahannya dipastikan aman untuk kulit. Bagian earbuds realme Buds Wireless 2 Neo hadir dalam tiga ukuran ujung silikon yang berbeda (S/M/L), sehingga nyaman digunakan oleh berbagai tipe telinga.

realme buds wireless 2 neo

Saat dibuka, kita langsung diperlihatkan dengan bentuk neckband yang keren. Di bagian lingkaran leher, neckband ini didominasi warna hitam, sedangkan kabel untuk langsung ke telinga didominasi kuning, walaupun eartip atau bulatan speaker-nya berwarna hitam.

Menariknya dari kemasan cukup mudah karena neckband dibekali dengan tag yang bisa ditarik. Panjangnya keseluruhan sekitar 90 sentimeter dengan diameter leher sekitar 12 centimeter. Awalnya, kita pasti akan kebingungan untuk menentukan mana sisi kanan dan kiri karena tidak ada tanda R/L di eartip. Namun lihat ke atas sedikit di bagian tombol. Jika melihat ke dalam maka akan terpampang nyata tanda R/L. 

Di bagian kanan akan disuguhi tombol volume, naik atau turun, yang dipisah dengan tombol aktivasi. Di sebelah tombol volume rendah ada lubang kecil yang akan berfungsi sebagai lampu notifikasi yang akan berubah hijau kedip untuk mengindikasikan neckband siap di pairing dengan smartphone. Sedangkan di sisi kiri hanya ada tulisan signature realme tanpa ada tombol apapun.

Saat mendengarkan musik rock atau EDM, gelegarnya cukup terasa. Mungkin ini fungsi dari Bass Boost Driver 11.2mm . Sejak lama, perangkat audio realme memang terkenal dengan efek bass yang luar biasa. Saat dihubungkan dengan aplikasi realme Link, efek bass bisa dimainkan lebih keren lagi berkat dua mode Bass Boost+, yakni Dynamic dan Bright. Dynamic menyeimbangkan suara bass, treble, dan mid, sementara Bright meningkatkan suara manusia. Mode Bright sangat cocok untuk mendengarkan podcast dan audio book. Selain itu, realme juga meningkatkan mode Game dengan latensi serendah 88ms. Ini termasuk yang terendah dibandingkan dengan generasi sebelumnya, menurun sampai 35 persen.

realme buds 2021

Baterai juga telah ditingkatkan secara signifikan pada realme Buds Wireless 2 Neo. Peningkatan ini menghasilkan masa pakai baterai total 17 jam. Jika menggunakan perangkat selama 3 jam sehari maka hanya perlu mengisi ulang daya satu minggu sekali. realme Buds Wireless 2 Neo menggunakan pengisian daya cepat. Untuk mendengarkan musik hingga 2 jam hanya butuh pengisian daya selama 10 menit. Untuk pengisian daya, tinggal sematkan USB Type-C yang ada dalam kemasan ke colokan listrik.

Perangkat ini memiliki koneksi Bluetooth generasi ke-5. Bisa dipakai dengan rentang jarak 10 meter jauhnya dari perangkat yang terhubung. Untuk mengoperasikannya bisa menggunakan kontrol sentuh di posisi kiri. Tekan satu kali untuk Play/Pause/menjawab telepon/mengakhiri percakapan telepon. Untuk pindah ke lagu selanjutnya, tekan dua kali. Tekan dan tahan 1 detik untuk menolak panggilan masuk. Atau tekan dan tahan 3 detik untuk mode pemasangan. Proses tekan dan tahan selama 10 detik juga bisa reset ke setelan pabrik.

Oia, di belakang kedua eartips juga terdapat magnet yang bisa langsung terkait secara otomatis saat dikalungkan. Ini sangat penting untuk menceah neckband jatuh atau bergeser dari lingkaran leher. 

realme Buds Q2

Untuk buds terbaru ini sepertinya realme ingin bermain dengan banyak warna. Bayangkan, kami mendapatkan kemasan berwarna kuning. Lalu kami mendapat realme Buds Q2 berwarna biru dan terdapat kabel USB Type-C berwarna kuning. Perpaduan yang trendi ciri khas anak muda.

realme buds q2-3

Bagian atas buds memiliki desain yang cukup unik, berbentuk seperti berlian yang langsung bersinar saat dikeluarkan dari cangkang. realme Buds Q2 menggunakan earpiece model in-ear yang disesuaikan dengan bentuk bagian dalam telinga kebanyakan orang, lekukan buds adalah ukiran 48° di bagian atas dan 72° di bagian bawah. Bentuk ini membuat realme Buds Q2 sangat pas dengan saluran telinga manusia untuk mengisolasi kebisingan luar dengan lebih baik untuk pengalaman suara yang lebih mendalam.

realme Buds Q2 memiliki baterai 40mAh pada earbuds dan baterai 400mAh di charging case. Daya baterai ini dapat digunakan untuk 3-jam telepon dan 5-jam mendengarkan musik tanpa henti, atau sama dengan menonton 2 film atau 4-5 episode serial TV. Dengan kotak pengisian daya, realme Buds Q2 mampu menghasilkan 20-jam total pemakaian, atau waktu yang cukup untuk menonton 8 film, mendengarkan 400 lagu, atau menonton 2 musim serial Game of Thrones. Jika penggunaan rata-rata per hari adalah 3 jam, pengisian ulang daya pada realme Buds Q2 hanya perlu dilakukan satu minggu sekali.

Daya realme Buds Q2 dapat diisi ulang melalui port Micro-USB dan memakan waktu sekitar 2,5 jam untuk mengisi penuh earbuds dan kotak pengisian daya, atau 2 jam jika hanya untuk mengisi penuh kotak pengisian dayanya saja. Didukung dengan algoritma Environmental Noise Cancellation (ENC), fitur ini secara signifikan mengurangi kebisingan ketika sedang bertelepon, membuat lawan bicara dapat mendengar dengan lebih jelas dan berbincang dengan nyaman.

realme buds q2-4

Driver besar 10mm menggunakan diafragma komposit polimer berkualitas tinggi, PEEK&TPU, untuk pengalaman mendengarkan audio yang luar biasa. Material PEEK mereproduksi suara dengan frekuensi menengah ke tinggi, sedangkan PU menghasilkan bass yang dalam dan kuat. realme Buds Q2 menggunakan solusi realme Bass Boost+ yang telah diperbarui, yang diciptakan oleh tim ahli akustik di realme setelah melalui berbagai tahap pengujian, mengoptimalkan potensi bass dan menambahkan lapisan dinamis pada bass untuk musik yang lebih mendebarkan. 

Pengguna dapat berganti ke Gaming Mode dengan latensi rendah untuk sinkronisasi sempurna antara video dan audio ketika sedang bermain games atau menonton film. Latensi ini telah dikurangi sebanyak 51 persen, hanya membutuhkan sekitar 88ms untuk memindahkan suara dari smartphone ke realme Buds Q2.

Bluetooth 5.0 memastikan kecepatan transmisi tinggi, kemampuan anti jamming yang kuat serta sinyal yang stabil dan konsumsi daya yang rendah. Dengan jarak transmisi hingga 10 meter, pengguna dapat mendengarkan musik dengan lancar walaupun tidak berada berdekatan dengan smartphone. Yang menarik, realme Buds Q2 mendukung IPX4 Water Resistant untuk menahan cipratan air, hujan, dan keringat saat pemakaian sehari-hari.

realme buds Q2-1

realme Buds Q2 ini memiliki kendali sentuh yang cukup pintar. Namanya Intelligent Touch Control. Artinya, hanya dengan kode sentuhan, pengguna bisa mengoperasikannya. Misalnya, sentuh dua kali untuk Play/pause atau  telepon. Selain itu sentuh tiga kali untuk bisa pindah mendengarkan lagu berikutnya. Atau tahan sentuhan selama dua detik pada salah satu earbud untuk mengalihkan ke telepon. Selanjutnya, untuk masuk atau keluar dari mode gaming, pengguna bisa menahan sentuhan pada kedua earbud selama 2 detik.

Kali ini realme menyediakan pilihan TWS yang berbeda baik dari segi model dan juga penggunaannya. realme Buds Q2 cocok bagi pengguna yang ingin fleksibel tanpa kabel, sementara realme Buds Wireless 2 Neo merupakan earphone neckband sporty yang cocok digunakan sambil berolahraga tanpa khawatir buds akan terlepas dari telinga. Keduanya menawarkan ENC dan baterai yang tahan lama di kisaran harga Rp200 ribuan.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id