icon-category Gadget

Review realme GT Neo2, Apanya yang Baru?

  • 03 Nov 2021 WIB
  • Bagikan :

     

    Uzone.id - realme baru saja memperkenalkan perangkat terbaru yang disebut sebagai Disrupting 5G Flagship Killer, realme GT Neo2. Neo dalam penamaan itu diklaim sebagai pembaharuan komponen di dalam perangkat tersebut. Lalu apa saja yang baru?

    realme GT Neo2 diklaim memiliki pembaharuan dalam hal warna desain, layar, prosesor, dan yang menarik adalah sistem pendingin yang bisa membuat perangkat tidak mudah panas saat dipakai nonston berjam-jam. Harganya yang terjangkau juga menjadi alasan mengapa realme berani menyebutnya sebagai 'disrupting'.

    Lalu bagaimana hasil review Uzone.id terhadap smartphone realme dengan harga Rp6 jutaan ini?

    IMG_20211028_110437

    Desain
    Bisa dibilang, kami cukup terkesan dengan warna yang diusung oleh realme GT Neo2 ini. Cerah dan terang, khas anak muda sekali. realme mengklaim hal ini sebagai desain original yang berasal dari realme Design Studio. Jika mereka menyebutnya sebagai warna pertama di industri smartphone serta menciptakan trend warna baru dalam industri ini, ya ada benarnya juga.

    Warna neon bersaturasi tinggi dengan sentuhan akhir matte berpadu serasi dengan warna hitam glossy, menghadirkan kesan mewah nan segar. Para penggunanya dipastikan akan terlihat lebih menonjol saat berada di kerumunan. Permukaannya cukup halus, lengkap dengan pantulan cahaya yang menambah estetik saat terkena sinar matahari atau cahaya lampu. Ini berkat teknologi pemrosesan 7 nano-multilayer di bodi belakang. Materi ini juga membuat GT Neo2 tahan goresan saat disandingkan dengan benda berbahan besi atau alumunium. Yang terpenting, bodi belakangnya tidak akan mudah terkena jejak sidik jari. Ini bagian yang paling saya suka.

    Ukurannya memang sedikit berat, dengan bobot 200 gram. Hal ini mungkin dikarenakan baterai yang diusungnya berkapasitas sampai 5000 mAh. Tapi desainnya bisa dibilang tipis, sih dengan ketebalan 8,6mm.

    Oia, GT Neo2 juga punya warna lain, yaitu Neo Blue yang terlihat lebih cantik lagi karena dibuat dengan 8 gradasi warna lapisan nano. Tampilannya terinspirasi dari matahari terbit. Di dalam kemasan juga ada jelly case berwarna abu-abu kontras dan modul kamera hijau neon.

    IMG_20211028_100633

    Layar
    Untuk menambah kesan flagship, realme mengadopsi layar AMOLED buatan produsen Korea Selatan. Layar E4 AMOLED di realme GT Neo2 menjadi layar terbaik saat ini untuk kelas flagship dengan refresh rate 120Hz dan Touch Sampling hingga 600Hz. Tampilannya lebih cerah dan terang sehingga warnanya terlihat lebih akurat. Setiap parameter di layar GT Neo2 seluas 6,62 inci dikalibrasi dengan cermat dan tepat, menawarkan pengalaman yang benar-benar imersif. Untuk menonton atau sekedar browsing, mata tidak cepat lelah. Rasio bodi ke layar pun mencapai 92,6 persen

    Kabarnya, AMOLED E4 ini dibuat dengan material luminescent dan disebut-sebut sebagai material terbaik yang akan menjadi tren di smartphone. Dibandingkan dengan layar E3, bahan E4 dapat mengurangi 15 persen konsumsi daya. Ditingkatkan dari 800 ribu: rasio kontras 1 menjadi rasio kontras 5 juta: 1, layar E4 menawarkan tampilan realme paling akurat warna yang pernah ada. Dengan teknologi layar HDR10+ memiliki tingkat kecerahan 10240, kecerahan maksimal 1300 nits.

    Jangan lupa! realme memiliki fitur smart sunlight display. Di sini, sensor cahaya 360 derajat akan menangkap cahaya sekitar secara presisi guna menyesuaikan tingkat kecerahan layar yang diatur otomatis. Ini memungkinkan pengguna mendapat tampilan layar disesuaikan dengan cahaya sekitar, baik di bawah sinar matahari langsung atau di lingkungan yang sangat gelap.

    Seperti yang disebutkan di atas, layar GT Neo2 bisa menyesuaikan kecepatan refreshnya dengan konten yang ditampilkan di layar. Mulai dari 30Hz, 60Hz, 90Hz, sampai 120Hz. Ini sangat berguna untuk membuat konsumsi daya lebih efisien. Apalagi ada Touch Samplling sampai 600Hz. Ini artinya, layar mampu menghadirkan 600 gerakan dalam hitungan detik sehingga panel layer terasa lebih lancar dan mulus.

    IMG_20211028_100709

    Performa
    realme GT Neo2 mengadopsi Snapdragon 870 5G Mobile Platform, prosesor seri 8 terbaru dari Qualcomm. Dibangun dengan teknologi proses 7nm yang hemat daya, prosesor kelas flagship membawa kinerja dan efisiensi ke tingkat yang lebih tinggi. Dipasangkan dengan 3.2GHz A77 Prime Core, aplikasi dan game berjalan lancar tanpa harus menunggu lama.

    realma juga mengembangkan teknologi Dynamic RAM Expansion (DRE) yang menghadirkan memori ekstra guna menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan. Melalui teknologi DRE, RAM 12GB yang ada bisa diperluas hingga 19GB. Ada juga tambahan teknologi Write turbo baru, SLC Cache, dan HPB, UFS 3.1 mendukung kecepatan transfer data yang lebih tinggi dan konsumsi daya yang lebih rendah. Ini sangat berguna terutama untuk mendukung penyimpanan internal sampai 256GB.

    Saat bermain game, performanya cukup mulus terutama untuk memainkan game berkapasitas besar seperti PUBG. Jika ingin lebih nyaman, kita bisa mengaktifkan GT Mode 2.0 hanya dengan satu ketukan. GT Mode 2.0 dirancang untuk mengoptimalkan pengalaman bermain game dengan memberikan tenaga besar pada kinerja CPU dan kecepatan pengambilan sampel sentuh. Untuk menambah keseruan, GT Neo2 punya fitur mesin tactile yang didukung X-axis Linear Motor. Di sini kita bisa merasakan getaran berbeda mengikuti pola permainan, lebih responsif dan bertenaga.

    IMG_20211028_104730

    Suara dari game atau tontonan yang kita mainkan di layar juga menggelegar. Dipastikan ini karena Dolby Atmos dan Hi-Res Audio yang membuat speaker stereo dengan kualitas suara untuk audio yang jernih dan tajam. Mulai dari menonton film hingga mendengarkan musik, semuanya terasa lebih imersif dari sebelumnya.

    Untuk urusan pendingin perangkat, bisa dibilang realme memiliki teknologi yang bisa meredam panas. Namanya Stainless Steel Vapour Cooling Plus. Di dalamnya ada plat VC stainless steel berukuran besar 4129mm² yang dirakit kedalam struktur pendingin 8 lapis menggunakan diamond thermal gel pada CPU untuk memastikan kontrol suhu dan kecepatan pembuangan panas pada realme GT Neo2 efektif dan efisien. Hal ini memungkinkan kinerja yang berkelanjutan selama periode yang lama, memberikan frame rate yang tinggi dan stabil bahkan saat bermain game.

    Lalu bagaimana GT Neo2 ini bisa meredam panas? Seri GT merupakan yang pertama menerapkan struktur internal komposit baja-tembaga di area pendinginan inti. Paduan antara stainless steel + tembaga, area VC luas dan durabilitas tinggi, sangat mempengaruhi kontrol suhu. Suhu smartphone tetap terjaga dan efisien.

    Baterai 5000mAh memang bukan kapasitas yang main-main. Di realme GT Neo2 ini baterai sebesar itu bisa dihabiskan 88 jam nonstop memutar musik, atau seharian nonton drakor (setidaknya sampai episode 11). Untuk bermain game, bisa bertahan sampai 8 jam.

    Yang menarik, ada 65W SuperDart Charge. Dengan daya sebesar ini, pengisian baterai dari 0 sampai 100 persen hanya memakan waktu 36 menit. Belum lagi kecanggihannya dalam mengelola daya baterai, realme GT Neo2 punya VCVT Intelligent Tuning Algorithm serta VFC Trickle Charging Algorithm. Ini merupakan solusi pengisian daya secara cerdas menyesuaikan tegangan dan arus, serta melindungi baterai sekaligus mengoptimalkan efisiensi pengisian daya.

    Kamera
    realme GT Neo2 memiliki tiga kamera di bodi belakang. Masing-masing beresolusi 64MP untuk kamera utama yang bisa mengambil komposisi foto ultra-wide angle sampai 119 derajat, kamera 8MP, serta lensa makro yang dibekali resolusi 2MP, serta kamera selfie di layar depan dengan resolusi 16MP.

    Berikut hasil foto kamera realme GT Neo2.

    night mode- gt neo2

    Night-mode

    selfie - GT Neo2

    Selfie Mode

    night mode

    makro

     

    Kesimpulan
    Jika merujuk pada kata Neo di realme GT Neo2, produsen smartphone asal China itu semakin dewasa memberikan jargon secara harfiah. Artinya, di perangkat baru ini memang banyak hal baru, sesuai dengan segmen yang diusung di kelas atas atau flagship. Layar yang mengusung AMOLED kekinian, prosesor kelas atas, serta kapasitas memori yang berani dibuat lebih besar untuk memenuhi kebutuhan anak muda dalam mengikuti tren sebagai kreator konten. Yang menarik, warnanya memang satu-satunya yang ada di dunia, neon, khas anak muda.

    Spesifikasi

    Spesifikasi realme GT Neo2
    Layar 6,62 Inci AMOLED 120Hz HDR10+
    Prosesor Snapdragon 870 5G
    Memori 12GB/256GB
    Kamera Depan 16MP
    Kamera Belakang 64MP, 8MP, dan 2 MP
    Baterai 5000 mAh
    Warna Neo Green. Neo Blue
    Harga Rp 6.499.000

    Liat dalemannya realme GT Neo2 di video berikut:

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini