home ×
Gadget

Review Realme X50 Pro 5G: Sedikit Kecewa, Banyak Sukanya

23 September 2020 By
Review Realme X50 Pro 5G: Sedikit Kecewa, Banyak Sukanya
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Kehadiran Realme X50 Pro 5G di Indonesia sebenarnya bukan kabar mengejutkan. Realme memperkenalkan smartphone ini ke Tanah Air pada awal Maret 2020. Ketika itu, Realme belum mengungkapkan harganya.

Dari perkenalan tersebut, kami membawa buah tangan berupa tulisan dan video. Menariknya, dari video yang kami unggah, Uzoners—sapaan untuk pembaca Uzone.id dan penonton Youtube Channel Uzone Indonesia —menebak harga Realme X50 Pro 5G di kolom komentar.

Ada yang bilang bahwa harganya seharusnya tak berbeda jauh dengan Realme X2 Pro (Rp 7,79 juta). Ada pula yang menceletuk bahwa harganya jangan sampai di atas Rp 8 juta.

“Harusnya sih varian tertingginya cuma Rp 9,5 juta, maksimal, apalagi kan Realme masih mengemban gelar flagship dengan harga murah,” tulis yang lain.

Harapannya hampir sama, namun pengumuman harga Realme X50 Pro 5G memupuskan itu semua. Realme X50 Pro 5G dijual di Indonesia seharga Rp 11,99 juta.

Dengan banderol Rp 11,99 juta, apa saja yang bisa dilakukan Realme X50 Pro 5G? Lewat tulisan ini, kami mau menceritakan pengalaman menggunakan Realme X50 Pro 5G selama sekitar satu minggu.

Desain mirip smartphone Realme harga Rp 4 jutaan

Realme X50 Pro 5G hadir dengan dimensi 159 x 74.2 x 8.9 mm dan bobot 205 gram. Bodi smartphone ini memiliki bingkai logam di tengah. Permukaan layar dan bodi belakang terbuat dari Corning Gorilla Glass 5.

Bodi belakang ini menghadirkan tekstur matte yang menciptakan sentuhan lembut, halus, nyaman, dan bersih karena tidak meninggalkan bekas sidik jari tangan. Sayangnya, desain bodi dan penempatan kamera belakang Realme X50 Pro 5G tidak mempunyai ciri khas.

Realme 6 Pro dan Realme X50 Pro 5G. (Foto: Uzone.id/Birgitta Ajeng)

Meski dari segi material sangat berbeda, desain smartphone flagship ini mirip dengan Realme 6 Pro yang dijual seharga Rp 4,49 juta. Untuk ponsel flagship, Realme seharusnya bisa menghadirkan desain yang sedikit berbeda.

Layar luas, cerah, dan bisa scroll dengan lancar

Realme X50 Pro 5G dilengkapi dengan layar Super AMOLED Samsung 6,44 inci. Layar ini menawarkan rasio layar ke bodi 92 persen, sehingga tampilan depan ponsel ini hampir seluruhnya adalah layar.

Realme X50 Pro 5G menghadirkan dua opsi tampilan layar, yaitu refresh rate 60Hz dan 90Hz. Refresh rate 90Hz menyuguhkan tampilan layar yang cepat dan nyaman—terlebih saat scroll media sosial, googling, dan lainnya—tapi membuat pemakaian baterai lebih boros. Sementara itu, refresh rate 60Hz memberikan hasil sebaliknya.

Realme X50 Pro 5G. (Foto: Uzone.id/Birgitta Ajeng)

Realme X50 Pro 5G juga hadir dengan sunlight display yang mampu mencapai kecerahan maksimum 1000 nits. Berbeda dengan ponsel-ponsel Realme kelas menengah, layar Realme X50 Pro 5G tampak cerah di bawah sinar matahari. Hal ini sangat membuat nyaman mata.

Performa yang tak perlu diragukan

Realme X50 Pro 5G dilengkapi dengan mobile platform Qualcomm Snapdragon 865, RAM 12 GB dan ROM 256 GB. Prosesor ini juga dipakai ponsel-ponsel flagship lain, seperti Xiaomi Mi 10 yang dijual Rp 10 juta, serta Oppo Find X2 dan Find X2 Pro yang masing-masing dibanderol dengan harga Rp 14,99 juta dan Rp 17,99 juta.

Jadi, performa ponsel ini sebenarnya tidak perlu diragukan lagi. Ponsel ini masih bekerja dengan lancar saat dipakai bermain PUGB Mobile lebih dari satu jam. Meski ada panas di bagian belakang, suhunya cepat kembali ke normal berkat teknologi pendinginnya.

Sayangnya, Realme X50 Pro 5G belum mendukung Android 11 sampai berita ini kami tulis, padahal Oppo Find X2 Pro sudah mendukung Android 11. Awal September 2020, Realme hanya mendeklarasi bahwa pihaknya tengah bekerja untuk menghadirkan Program Pratinjau Android 11 ke Realme X50 Pro 5G. Ada apa dengan Realme? Kenapa Android 11 belum juga hadir di Realme X50 Pro 5G?

Oke, kita tinggalkan dulu pembicaraan soal Android 11. Kini, kami akan membahas soal baterai Realme X50 Pro 5G. Ponsel ini hadir dengan kapasitas baterai 4200 mAh. Ponsel ini juga hadir dengan 65W SuperDart. Untuk pengisian baterai dari nol hingga 100 persen hanya memakan waktu 30 menit.

Berdasarkan hasil benchmark menggunakan PC Mark, baterai Realme X50 Pro 5G mampu bertahan hingga 8 jam 55 menit.

Sebagai gambaran, berikut hasil pengujian kami terhadap Realme X50 Pro 5G dengan beberapa aplikasi benchmark:

Data: Uzone.id

Resolusi kamera besar dan didukung AI

Realme X50 Pro 5G dilengkapi dengan empat kamera belakang yang terdiri dari 12 MP lensa telefoto, 64 MP kamera utama, 8 MP lensa ultra wide-angle dan makro, dan 2 MP lensa B&W.

Kami kurang suka dengan hasil foto 64 MP, karena warna asli dari objek tidak terlalu keluar. Akan tetapi, hal ini bisa disiasati dengan fitur AI yang mampu menghasilkan foto yang ciamik.

Soal kamera makro, kami suka karena kamera mampu menangkap objek kecil dengan detail dan menghasilkan efek blur yang halus.

Kamera belakang Realme X50 Pro 5G mendukung perekaman video resolusi 4K dengan dua opsi stabilisasi, yaitu ultra steady dan ultra steady max.

Untuk pengambilan video dengan resolusi 720 pixel, hasilnya memang stabil, namun cahaya yang ditangkap kamera tidak konsisten, sehingga menimbulkan efek cahaya yang berkedip-kedip. Objek kecil, seperti kabel pada tiang listrik, juga berulang kali hilang muncul pada video.

Bicara soal kamera selfie, ada dua kamera depan pada ponsel ini yang beresolusi 32 MP dan 8MP. Kamera depan pada Realme X50 Pro 5G ini menghadirkan fitur AI dengan banyak pilihan, mulai dari Thinner Face, Bigger Eyes, Smller Nose, Touch Up, dan lainnya.

Berikut hasil foto kami menggunakan Realme X50 Pro 5G.

Hasil foto lensa 64 MP dengan AI (kiri) dan tanpa AI (kanan). (Foto: Uzone.id/Birgitta Ajeng)
Hasil foto lensa makro. (Foto: Uzone.id/Birgitta Ajeng)
Hasil foto mode malam. (Foto: Uzone.id/Birgitta Ajeng)

Kesimpulan

Ada sedikit hal yang membuat kami kecewa dengan Realme X50 Pro 5G, seperti desain, belum adanya Android 11, dan hasil video yang menimbulkan efek cahaya berkedip-kedip.

Terlepas dari itu semua, ini adalah ponsel 5G pertama dari Realme yang layak diapresiai. Kinerja ponsel ini juga tidak perlu diragukan lagi, karena didukung prosesor premium Snapdragon 865. Pengisian daya juga super cepat.

Layarnya yang mampu mendukung refresh rate 90 Hz juga asyik sekali untuk scroll saat googling atau berselancar di media sosial.

Kami tidak merasa khawatir saat membawa ponsel ini ke bawah terik matahari, karena layarnya tampak cerah. Untuk kamera utamanya juga bisa menghasilkan foto dengan warna asli objek yang benar-benar tampak berkat AI. Kami juga menyukai kameranya makronya.

Jadi, Realme Fans mungkin perlu mempertimbangkan banyak aspek bila hendak membeli Realme X50 Pro 5G seharga Rp 11,99 juta.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article