home ×
Digilife

Roblox Kembangkan Fitur Rating Konten demi Batasi Konten Vulgar

19 April 2021 By
Roblox Kembangkan Fitur Rating Konten demi Batasi Konten Vulgar
Share
Share
Share
Share

Foto: Roblox

Uzone.id – Platform game online Roblox mengambil langkah serius untuk menjauhkan materi berisi konten seksual dari para pemainnya.

VP Roblox Corporation Trust and Safety, Remy Malan mengatakan bahwa perusahaan sedang mengembangkan konten rating untuk membantu para orang tua membatasi porsi permainan Roblox bagi anaknya. Hal ini dapat memberikan kendali lebih besar jika dibandingkan dengan pendekatan yang diterapkan saat ini.

Malan tidak menyampaikan kapan fitur ini akan muncul, namun ia memastikan bahwa pengaturan tersebut akan lebih mudah ditemukan dan digunakan. Mengutip Wall Street Journal, upaya ini merupakan langkah signifikan akibat banyaknya konten seksual yang hadir di Roblox. Konten seksual ini berpotensi lebih berbahaya apabila dibandingkan dengan menonton aksi yang grafik atau mendengar percakapan yang cabul.

Baca juga: Roblox Yakin Pendapatan dari Game Naik 2x Lipat

Pemain Roblox telah mencapai angka 32,6 juta pengguna harian dan lebih dari separuhnya adalah anak berusia di bawah 13 tahun. Pada beberapa permainan, para gamer dapat mensimulasikan hubungan seksual, obrolan yang vulgar, serta ‘berkencan’ dengan pemain lain dalam wujud avatar mereka masing-masing.

Hal ini memang pasti ada dalam setiap game role-playing dan bukan sesuatu yang baru. Akan tetapi, perkembangan Roblox yang luar biasa telah menarik perhatian lebih dan pihaknya dinilai harus dapat bertanggung jawab untuk melindungi pemain mudanya.

Walau saat ini gamer anak mengatakan mereka berusia di bawah 13 tahun saat membuat akun, game yang tidak sesuai dengan usia mereka dapat muncul di daftar rekomendasi. Game tersebut sebenarnya dapat diatur oleh orang tua, tapi dianggap belum maksimal. Dari jutaan permainan multiplayer, hanya ada sekitar 1,000 game terdaftar yang siap diblokir.

Baca juga: Pengembang Game Roblox IPO Maret 2021

Selagi menunggu fitur rating ini untuk dirilis, berikut langkah yang orang tua dapat ambil agar Roblox tetap menjadi media hiburan yang aman untuk dikonsumsi oleh anak:

  1. Pastikan akun anak mengandung informasi yang sesuai dan aman, seperti usia yang tepat serta tidak menyertakan nama asli dalam username.
  2. Nyalakan fitur Account Restrictions supaya dapat mengakses game yang telah dikurasi oleh Roblox, bukan dari game yang dibuat oleh pemain lain. Klik My Settings > Security untuk menyalakan fitur ini.
  3. Kenalkan anak mengenai perilaku yang berpotensi mengancam keselamatan anak kalian. Pemain dengan niat buruk biasanya akan mengajak anak untuk berkomunikasi di platform lain, jauh dari moderasi orang tua.
  4. Manfaatkan fitur report dan block apabila kalian menemukan pesan yang mengandung perundungan (bully). Untuk report pemain lain dapat dilakukan dengan masuk ke Roblox > tekan tombol Menu > tekan lambang bendera di samping nama pemain > isi form yang disediakan.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article