home ×
Auto

Robot Penyelam Pencari Puing dan Korban Sriwijaya Air

13 January 2021 By
Robot Penyelam Pencari Puing dan Korban Sriwijaya Air
Share
Share
Share
Share

Foto: Antara

Uzone.id - Robot yang bisa dioperasikan dari jauh ikut menyelam mencari puing dan korban pesawat Sriwijaya Air yang jatuh. Secanggih apa?

Robot bernama ROV alias Remotely Operated Vehicle, alias kendaraan yang dioperasikan melalui jarak jauh.

Diturunkan dari KRI Rigel-933 di perairan Kepulauan Seribu, ROV akan melakukan pencarian korban dan puing dari pesawat Sriwijaya Air SJ182 yang jatuh.

Baca juga: Alasan Apple Car Belum Akan Terealisasi di 2028

Mengutip marineinsight, ROV punya 7 jenis berdasarkan ukuran dan fungsinya. Mulai dari Micro ROVs, Mini ROVs, General ROVs, Inspection Class, Light Work Class, Heavy Work Class, sampai Trenching and Burial ROVs.

ROV dilengkapi fasilitas seperti kamera foto, kamera video, dan pencahayaan. Hasil dari pencitraan visual tersebut pun bisa langsung dikirim ke kapal utama.

Bahkan beberapa jenis punya fitur tambahan yang lebih canggih, seperti lengan robot dan instrumen elektronik untuk mengukur tingkat kejernihan air, temperatur, dan bahkan mengambil sampel yang dibutuhkan untuk keperluan penelitian.

Robot bawah laut tipe ini mampu menyelam sampai kedalaman 1.000 meter. Dimensinya yang kompak memungkinkan robot ini punya kemampuan manuver yang gesit dan lincah di kedalaman laut.

VIDEO Diskon Pajak Mobil Baru & Jeritan Pedagang Mobil Bekas:

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article