icon-category Technology

Roket Falcon 9 Terbang Lagi, Bawa Satelit Misterius Zuma

  • 03 Jan 2018 WIB
  • Bagikan :

    Roket Falcon 9 buatan SpaceX kembali beraksi setelah membuat heboh warga AS karena dikira pesawat UFO pada Desember lalu. Aksinya kali ini berbeda karena ia akan membawa Zuma, satelit rahasia milik pemerintah AS.

    SpaceX berencana meluncurkan roketnya pada Jumat (5/1) pukul 20.00 waktu setempat. Menurut pernyataan resmi Angkatan Udara AS, peluncuran dilakukan di fasilitas NASA di Kennedy Space Center, Florida, AS.

    Peluncuran Falcon 9 yang membawa Zuma ini awalnya dijadwalkan pada pertengahan November lalu, namun SpaceX terpaksa menundanya setelah ada masalah di payload fairing roket. Fairing ini terletak di bagian moncong roket yang melindungi muatan di dalamnya. Ia akan terlepas setelah melewati atmosfer Bumi.

    Misi Zuma Penuh Misteri

    Masih belum jelas apa yang akan dilakukan satelit Zuma begitu sudah berada di luar angkasa. Northrop Grumman, perusahaan perakit satelit Zuma, tidak menjelaskan secara detail fungsi dari Zuma ini.

    Kendati demikian, juru bicara Northrop Grumman, Lon Rains, berkata satelit Zuma ini bakal beroperasi di orbit terendah Bumi yang jaraknya seitar 2.000 kilometer di atas Bumi.

    Setelah melepaskan satelit Zuma, roket Falcon 9 akan kembali ke Bumi. Pendaratannya bakal dilakukan di lokasi yang tidak jauh dari Kennedy Space Center, yakni di fasilitas SpaceX di Cape Canaveral Air Force Station.

    Sampai saat ini, SpaceX telah meluncurkan Falcon 9 sebanyak 20 kali dan lima di antaranya diterbangkan kembali. Aktivitas seperti ini menjadi bagian dari rencana perusahaan untuk mendorong pengembangan roket dan pesawat luar angkasa yang dapat digunakan kembali sepenuhnya.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini