Sport

Ronaldo: Saya Tahu Saya Adalah Teladan

Laga melawan Manchester United tidak menjadi satu-satunya hal yang harus dihadapi oleh Cristiano Ronaldo. Sang penggawa Juventus punya beban di pundaknya terkait kasus pemerkosaan yang dituduhkan kepadanya.

Kathryn Mayorga, yang mengaku sebagai korban, menguak insiden yang terjadi di Las Vegas pada 13 Juni 2009 itu kepada publik. Sembilan tahun memendam cerita kelam itu, Mayorga akhirnya buka suara pada 2018. 

Sebenarnya, Mayorga tidak benar-benar berdiam diri. Kasus ini dilaporkannya di hari yang sama dengan hari terjadinya pemerkosaan kepada kepolisian setempat. Hanya, dalam laporan itu, Mayorga memilih untuk tidak mencantumkan nama pemerkosanya. 

Alhasil, dalam laporan tersebut, si pemerkosa hanya disebut sebagai figur publik yang berprofesi sebagai seorang atlet. Pada 2017, sebuah media Jerman, Der Spiegel, juga berusaha untuk menghubungi Mayorga. Sayangnya, kala itu Mayorga menolak untuk berbicara karena merasa sudah terikat perjanjian untuk tutup mulut. 

Namun, Mayorga tak mau bungkam lagi. Kali ini, kepada Der Spiegel menjelaskan secara detail kasus pemerkosaan tersebut, termasuk dengan mencantumkan nama si pelaku, Menyusul naiknya tulisan investigasi Der Spiegel menyoal pemerkosaan itu, kepolisian Las Vegas akhirnya membuka kembali penyelidikan kasus ini.

Sebagai pihak yang dituduh, Ronaldo dan kuasa hukumnya pun sudah angkat suara. Dalam pernyataannya tersebut, Ronaldo menampik semua tuduhan yang dialamatkan kepadanya.

Dalam konferensi pers jelang matchday III Liga Champions 2018/19 yang mempertemukan Juventus dengan United di Old Trafford, Ronaldo kembali bicara menyoal kasus ini. Dalam wawancaranya itu, Ronaldo menegaskan bahwa ia sadar betul tentang keberadaannya sebagai figur publik. 

Sepintas, predikat ini terlihat memberi banyak keuntungan. Namun, di sisi lain, predikat ini pulalah yang memberikannya tanggung jawab lebih untuk menjadi teladan, sebagai sosok yang kerap dicontoh orang lain.

 

 

“Saya tahu bahwa saya adalah teladan (role model) baik di atas maupun di luar lapangan. Saya memahaminya 100%, jadi saya selalu tersenyum. Saya adalah orang yang berbahagia. Saya diberkati dengan bermain di klub yang fantastis. Saya juga memiliki keluarga yang menakjubkan dan empat orang anak. Saya pun dalam keadaan sehat. Saya memiliki segalanya yang saya butuhkan. Jadi, saya tidak akan terusik oleh hal-hal lain. Ya, saya betul-betul bahagia," ucap Ronaldo, dilansir Skysports.

“Kalau tidak salah sekitar dua minggu lalu, saya dan tim (kuasa hukum) sudah memberikan pernyataan. Tentu saya tidak akan berbohong di situasi seperti ini. Saya benar-benar senang, tim pengacara saya yakin saya tidak bersalah. Saya pun begitu."

"Maka hal yang sekarang paling penting buat saya adalah menikmati sepakbola dan hidup. Selebihnya, saya memiliki orang-orang yang menjaga hidup saya. Dan tentu saja, kebenaran selalu ada di tempat pertama. Jadi, saya tegaskan, saya baik-baik saja," pungkas Ronaldo.

 

 

Matchday III Liga Champions 2018/19 yang mempertemukan Manchester United dan Juventus akan digelar di Old Trafford pada Rabu (24/10/2018) pukul 02:00 WIB.