icon-category Lifestyle

Ronny Hartono, Jalan Kaki Sambil Panggul Sepeda Ontel dari Kendal ke Jakarta

  • 23 Aug 2018 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id - Kalau naik sepeda dari Jawa Tengah ke Jakarta itu sudah biasa. Tapi kalau jalan kaki manggul sepeda  dari Jawa Tengah ke Jakarta, kira-kira itu wajar atau gendeng yak?

    Jangan terlalu dipikir terlalu keras deh gaes, nanti puyeng. Tapi memang kenyataan nih, lelaki bernama Ronny Hartono melakukan aksi nyeleneh dengan berjalan kaki sambil panggul sepeda dari Kendal ke Jakarta.

    Sepedanya pun bukan sepeda biasa. Yang dia panggul adalah sepeda ontel yang beratnya sekitar 19-20 kg. Wow,  bukan?

    Ronny memberi nama ontel kesayangannya itu Pertiwi Nusantara, mengambil nama dari Pulau Miangas, Sulawesi Utara. Pertiwi Nusantara sendiri buatan Inggris produksi tahun 1942.

    Ronny melakukan aksi gila ini dalam rangka memperingati ulang  tahun Kemerdekaan Indonesia yang Ke-73.

    Warga Dewa Purwosari RT 01 RW 01 Patebon, Kendal, ini ingin menyampaikan pesan kepada masyarakat Indonesia untuk menghormati jasa para pahlawan yang sudah membebaskan kita dari penjajah.

    "Memanggul sepeda berat 20 kg itu belum apa-apa dibandingkan beratnya perjuangan para pahlawan. Mereka dulu rela memanggul senjata, bahkan juga rela mengorbankan jiwa raga serta harta benda untuk bangsa ini. dengan aksi ini saya hanya ingin merasakan sedikit beratnya perjuangan mereka dulu," kata Hartono penuh semangat kepada media, seperti dikutip suarakeadilan.net, Senin (13/8/2018).

    Lelaki 40 tahun ini memperkirakan waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke garis finish di studio Trans 7 memakan waktu 1 bulan lamanya. Dengan frekuensi perjalanan 20-25 kilometer per hari.

    Ketika finish, Ronny akan disambut oleh Deddy Corbuzer dan langsung mengisi acara talk show Hitam Putih. Sebelum ke Trans 7, Ronny lebih dulu berkunjung ke KOSTI (Komunitas Sepeda Tua Indonesia) Pusat di Jl. Jeruk Purut, Jakarta Selatan, dan lanjut ke Istana Negara.

    Sekedar informasi saja nih, KOSTI Pusat telah menggelar Rakernas pada 30 Juli 2017 di hotel Cordela, Jakarta Pusat. H. Joko Rinto terpilih sebagai Ketua Umum untuk periode 2017-2021.

    Dan soal menyambangi Istana Negara, Mudah-mudahan aja ya gaes, Ronny disambut langsung sama Presiden Jokowi. Soal penginapan, Ronny memilih yang murah meriah. Kalau tidak di tempat komunitas, dia juga bisa tidur di masjid.

    Untuk bekal di jalan, Ronny cuma bawa ala kadarnya. Kayak surat jalan, pakaian ganti, perlengkapan mandi, perlengkapan salat, peralatan sepeda dan uang Rp100 ribu. Tapi beruntung mendapat tambahan dari Camat Patebon Agoeng Boedi Tjahyono.

    Ke Puncak Gunung Boyong Ontel

    Soal kekuatan fisik sepertinya tak diragukan lagi. Ronny sudah menaklukkan 45 gunung, yang turut memboyong Pertiwi Nusantara sampai ke atas puncak.

    Gunung itu termasuk Semeru, Selamet, Kerinci, Rinjani, Sejati Raung, Tambora, Argopuro, Sindoro, Sumbing, Merbabu, Ungaran, dan Bromo. Bahkan, Ronny bersama Pertiwi Nusantara sudah dua kali sampai di puncak Rinjani.

    Hobi Ronny naik gunung sudah dilakukannya sejak duduk di bangku SD, usianya 11 tahun. Dia terlecut akan prestasi Sabar Gogi yang memiliki satu kaki namun bisa menaklukan gunung Kilimanjaro dan Jaya Wijaya.

    Dia pertama kali menaklukan gunung Arjuna pada tahun 1998 dan terakhir Gunung Wilis. Ronny merasa berkesan banget ketika mendaki gunung Leuser di Aceh karena jalur pendakiannya terpanjang di Indonesia.

     

    A post shared by Ronny Hartono (@ronny.hartono) on

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini