icon-category Gadget

Rumor iPhone 14: Tanggal Rilis, Desain dan Nggak Ada Versi Mini?

  • 16 Feb 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: iPhone 13 (Ehimetalor Akhere Unuabona/Unsplash)

    Uzone.id - Tiap tahun Apple selalu rutin meluncurkan produk terbaru mereka, terutama iPhone. Jika tahun 2021 lalu ada iPhone 13, maka tahun ini kabarnya Apple bakal meluncurkan iPhone selanjutnya yang katanya sih iPhone 14.

    Nah, meski belum ada kabar resmi dari Apple, rumor-rumor soal iPhone 14 ini sudah mulai berhembus ke permukaan.

    Sejauh ini, desas-desus yang beredar adalah soal desain terbaru yang akan digunakan Apple untuk iPhone terbaru mereka. Kabarnya, iPhone 14 akan menggunakan layar notchless, kamera depan berbentuk punch-hole dan pil, touch ID under-display, body titanium yang lebih tahan lama, tak ada lagi tonjolan kamera di belakang dan ukuran baru 4 varian. 

    Tak hanya itu, iPhone generasi selanjutnya juga akan menjadi momen ‘kematian’ iPhone Mini. 

    64839927084802629-15443225701271326

    Foto: iPhone 14 Render (Jon Prosser)

    Baca juga: Adu Spesifikasi iPhone 13 Pro Max vs Samsung Galaxy S22 Ultra, Juaranya?

    Dari kutipan Cnet, Selasa, (15/02/2022), Nikkei Asian Review memprediksi bahwa takkan ada iPhone 14 Mini, begitupun analis Ming-Chi Kuo yang menyebut bahwa varian Mini takkan ada lagi di dunia.

    Namun, Kuo menyebutkan bahwa jajaran iPhone 14 masih akan terdiri dari 4 model, high end dan low end yang masing-masing memiliki dua ukuran berbeda.

    Sementara, untuk nama sendiri iPhone generasi selanjutnya bakal mengalami sedikit rombakan saja dan mostly akan sama dengan pendahulunya. Seperti iPhone 14, iPhone 14 Pro, iPhone 14 Max dan iPhone 14 Pro Max. Pro merujuk pada varian kelas atas, dan Max merujuk pada ukuran layar lebih besar.

    Tanggal Perilisan

    Agak terlalu cepat untuk meramalkan kapan pastinya iPhone 14 akan meluncur tapi biasanya Apple meluncurkan iPhone mereka dalam acara tahunan Apple Event. Jika sesuai dengan rencana dan perhitungan, kemungkinan Apple Event akan digelar pada September 2022.

    Tapi, terkadang Apple mengubah tanggal rilis mereka untuk produk-produk tertentu, terutama jika mengumumkan produk dengan desain dan ukuran baru. Kemungkinan awal, iPhone 14 akan memiliki lebih dari satu tanggal rilis.

    Kamera

    Ada 2 rumor soal kamera iPhone 14. Pertama, benjolan kamera yang cukup tebal akan menghilang dan desain hole-punch atau hole-and-pill akan menjadi pengganti desain notch di bagian depan.

    Kuo mengatakan bahwa kamera belakang iPhone selanjutnya akan memiliki resolusi 48MP untuk Pro dan Pro Max, naik 12MP dari iPhone sebelumnya. Selain Kuo, Jeff Pu dan TrendForce mengatakan bahwa model Pro akan dilengkapi lensa wide 48MP. Analis juga menambahkan bahwa versi Pro akan memiliki RAM 8GB. 

    Warna

    Render dari Prosser menunjukkan bahwa iPhone 14 akan memiliki warna pale gold alias emas pucat yang diklaim telah ia lihat buktinya. Namun, hal ini masih bisa berubah karena waktu perilisan masih lama dan Apple mungkin belum memutuskan warna final mereka.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini