home ×
Gadget

Samsung Bikin Layar OLED 90Hz Pertama untuk Laptop

22 January 2021 By
Samsung Bikin Layar OLED 90Hz Pertama untuk Laptop
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Samsung dikabarkan sedang mengembangkan layar laptop berbasis OLED yang memiliki refresh rate 90Hz. Ini disebut-sebut teknologi 90Hz pertama di layar OLED, khususnya buat laptop.

Samsung memang telah mengembangkan banyak inovasi yang cukup menarik. Setelah sebelumnya memamerkan kamera bawah layar yang dapat disematkan di panel OLED, kini mereka mengumumkan akan memproduksi layar OLED pertama berbasis 90Hz refresh rate untuk laptop. Demikian dikutip dari Neowin, Jumat, 22 Januari 2021. 

Baca juga: Trio Samsung Galaxy S21 Series

Sejatinya, refresh rate bukanlah hal yang baru bagi laptop. Beberapa perangkat telah memiliki layar dengan kecepatan refresh setidaknya mencapai 300Hz. Namun kebanyakan panel-panel tersebut masih merupakan LCD, bukan OLED. Rata-rata layar laptop berbasis OLED hanya memiliki refresh rate paling tinggi 60Hz.

Hal ini serupa dengan apa yang terjadi pada device ponsel beberapa tahun lalu. Razer Phone merupakan ponsel pertama yang memiliki 120Hz refresh rate, akan tetapi displaynya masih berjenis LCD. Samsung menyatakan bahwa layar OLED menyajikan kecepatan respons lebih tinggi dibandingkan dengan LCD panel. Rata-rata-bisa mencapai 10x lebih tinggi. Ini menjadikan OLED 90Hz terasa lebih lancar dan mulus dibanding dengan LCD 120Hz.

Baca juga: Fix! Semua Ponsel Samsung Dijual Tanpa Kepala Charger

Samsung telah menguji fitur screen drag saat memindahkan window pada kecepatan tinggi dengan jenis-jenis layar yang telah disebutkan di atas. Bedanya cukup jauh. 90Hz OLED berukuran 0,9mm sedangkan 120Hz LCD mencapai 1mm.

Samsung juga menambahkan bahwa produk ini akan diproduksi secara menyeluruh pada bulan Maret mendatang, Setelah itu, layar OLED 90Hz akan terlihat pada perangkat-perangkat terbaru. Meski begitu, ini bukanlah hal yang umum dalam perangkat laptop. Bahkan untuk layar OLED biasa, sehingga belum diputuskan berapa banyak device yang akan menggunakan panel tersebut.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article