icon-category Gadget

Samsung Janji Kasih Update Keamanan 5 Tahun untuk Smartphone Baru

Uzone.id - Kabar gembira buat seluruh pengguna Samsung, pabrikan asal Korea Selatan ini memastikan bakal memberikan update keamanan hingga 5 tahun ke depan untuk smartphone, tablet, hingga smartwatch.

Seungwon Shin selaku Head of Security Team, Mobile eXperience Business, Samsung Electronics mengatakan, perusahaan konsisten memberikan minimum 5 tahun update patch keamanan untuk Samsung Galaxy S Series, Z Series, A Series, Galaxy Tab dan Galaxy Watch Series.

Update yang kami berikan untuk perangkat generasi terbaru,” katanya, dalam sesi Security – MX Virtual Media Roundtable secara online pada Selasa (22/11).

Lebih lanjut, pembaruan yang diberikan pastinya termasuk update Android Security berupa penambalan celah keamanan, bug atau kesalahan sistem lainnya yang mengganggu experience pengguna.

Ia pun menyatakan, apabila ada celah keamanan yang benar-benar harus ditambal segera, maka Samsung bakal memberikan update pada saat itu juga.

Baca juga: Samsung Galaxy S23 Series Pakai Snapdragon 8 Gen 2 yang Di-overclock

“Setidaknya, kami sudah memberikan update ke lebih dari 1 miliar perangkat tiap bulannya,” klaim Seungwon Shin.

Berkaitan dengan penyebaran update, Samsung berkomitmen untuk menggulirkan pembaruan keamanan rutin tiap bulannya. “Penting bagi pengguna untuk mendapatkan update keamanan tiap bulannya,” imbuhnya.

Samsung mulai sebar update One UI 5

Samsung saat ini tengah fokus untuk menyebarkan pembaruan ke One UI 5 berbasis Android 13. Beberapa smartphone terbaru sudah mendapatkan sistem operasi terbaru ini, dimulai dengan varian flagship seperti Samsung Galaxy S Series dan Z Series.

Kemudian Galaxy A Series generasi terbaru juga berhak mendapatkan pembaruan yang dinantikan oleh para pengguna.

One UI 5 berbasis Android 13 memiliki sejumlah hal baru, termasuk desain anyar untuk lockscreen dan homescreen, yang memungkinkan pengguna untuk menaruh video pendek pada layar kunci.

Baca juga: Ragam Fitur di One UI 5, Bisa Pasang Video jadi Lock Screen

Kemudian One UI 5 juga memberikan saran aplikasi, widget, hingga pengaturan kepada pengguna berdasarkan kebiasaan mereka saat menggunakan smartphone. Anjuran yang dibuat berbasis artificial intelligence (AI) tersebut berbentuk widget bernama Smart Suggestions.

Lalu Gallery, dimana pengguna dapat menyalin tulisan dari foto dan menempelkannya ke dokumen. Selain fitur-fitur tadi, ada juga Bixby Text Call, Share Panel, dan lain sebagainya.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini