Gadget

Samsung SPH-WP10, Smartwatch Pertama di Dunia yang Punya Fitur Panggilan

  • 01 October 2021
  • Bagikan :
    Samsung SPH-WP10, Smartwatch Pertama di Dunia yang Punya Fitur Panggilan

    Foto: Samsung SPH-WP10/Dok. Samsung

    Uzone.id - Tahukah kamu smartwatch ternyata sudah ada semenjak tahun 1999 lalu, perangkat tersebut merupakan buatan Samsung dan merupakan jam tangan pertama yang punya fitur panggilan telepon.

    Namanya Samsung SPH-WP10, dirilis pada Maret 1999 oleh Samsung sebagai ponsel jam tangan CDMA pertama di dunia dan terminal wireless terkecil serta teringan hingga saat ini.

    Baca juga: Pengapalan Smartphone Hanya Tumbuh 6 Persen, Bukan 9 Persen

    Samsung SPH-WP10 memiliki berat hanya 50 gram saja dengan ketebalan 2 centimeter. Perangkat ini menggabungkan fungsi dari dua perangkat berbeda, jam tangan dan handset seluler.

    Perangkat smartwatch ini ternyata terinspirasi dari komunikator yang dikenakan di pergelangan tangan para pemeran film-film fiksi ilmiah pada masa itu.

    Pada awal perilisannya, smartwatch Samsung SPH-WP10 dirilis dengan harga sekitar USD700 atau setara Rp10 jutaan pada bulan April 2000, harga yang cukup fantastis pada masa itu. Untuk penjualan jam tangan telepon ini, Samsung SPH-WP10 hanya mampu terjual sebanyak ribuan unit saja.

    Perangkat ini menampilkan antena yang menonjol, LCD monokrom dengan backlit 1,5”, speaker dan mikrofon terintegrasi, dukungan panggilan telepon dengan batasan waktu 90 menit serta dapat bertahan selama 60 jam.

    Baca juga: Samsung Modifikasi Lagu Lawas Era 1980, Ice Ice Baby dari Vanilla Ice

    Ternyata sejarah awal mula terciptanya smartwatch ini sudah mulai berkembang dari tahun 1975. Meski belum memiliki kemampuan seperti ponsel, konsep jam tangan pintar sudah ada sejak munculnya jam tangan kalkulator Pulsar Module 1 di 1975 dan Seiko TV Watch di 1982 yang memiliki integrasi tampilan dan ukuran seperti receiver TV Walkman untuk menonton siaran TV analog.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini