home ×
Digilife

Santo Purnama Ciptakan Alat Tes Virus Corona, Cuma 10 Menit dan Harga Rp160 Ribu

02 April 2020 By
Santo Purnama Ciptakan Alat Tes Virus Corona, Cuma 10 Menit dan Harga Rp160 Ribu
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Santo Purnama, Co-Founder Sensing Self, mengungkapkan bahwa perusahaannya sudah memproduksi alat tes untuk mendeteksi virus Corona (Covid-19) dengan waktu cuma 10 menit saja.

Alat tersebut bisa menganalisis enzim yang mengandung virus Corona.

Santo mengaku telah mengembangkan alat tes tersebut selama empat bulan. Kemudian diproduksi perusahaan yang bermarkas di Singapura, Sensing Self pada Februari 2020.

Alat yang bisa dipakai untuk tes massal itu dihargai USD10 atau sekitar Rp160 ribu (kurs RP16.000)

Santo mengatakan, para tenaga medis bisa fokus merawat pasien yang punya gejala menengah hingga parah. Sehingga tidak menghabiskan waktu saat melakukan tes massal.

Baca juga: Petisi Online, Nadiem Diminta Hapus Skripsi dan Biaya Kuliah

Dia juga berharap pemerintah Indonesia bisa menyediakan alat tes secara mandiri ini. Sayangnya, pemerintah RI belum merespon tawaran dari perusahaan lebih dari sebulan.

"Kami berharap pemerintah bisa memberikan respons positif bagi inisiatif kami untuk membawa alat tes mandiri ini ke Indonesia," tutur Santo, dalam pernyataan tertulisnya, Rabu (1/4/2020).

Santo juga menjelaskan, perusahaannya sudah mengirim alat ini untuk membatu lembaga-lembaga riset macam Mayo Clinic, University of California San Fransisco, dan Chan Zuckerberg Biohub.

Menurutnya, alat tes buatan perusahannya punya akurasi hingga 99 persen di hari pertama orang tersebut terpapar virus corona.

VIDEO Realme 6 vs. Realme 6 Pro, Mending Mana?

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id