Digilife

Sebelum Copy Paste Informasi, Yuk Ikuti Dulu Langkah Ini

  • 03 September 2021
  • Bagikan :
    Sebelum Copy Paste Informasi, Yuk Ikuti Dulu Langkah Ini

    Uzone.id - Perilaku Copy Paste  adalah istilah lain dari menyalin tulisan atau informasi dari sumber lain tanpa melakukan filterisasi terlebih dahulu.

    Fenomena Copy Paste sering ditemukan saat ini baik di generasi-generasi muda maupun dewasa, apalagi saat ini hampir semua aktivitas dilakukan secara digital.

    Sayangnya Copy Paste ini bisa memberikan dampak yang tidak baik. Menurut Communication Manager of Google Indonesia, Feliciana Wienathan, Copy Paste ini mirip dengan fenomena disinformasi.

    Orang-orang cenderung menelan mentah-mentah informasi yang mereka salin, lalu kemudian menyalinnya tanpa memeriksa apakah informasi tersebut benar dan terpercaya atau tidak.

    Dalam acara Uzone Talks dengan tema "Generasi Copy Paste Modal Googling" pada hari Kamis, (02/09), Feliciana mengatakan bahwa ketika menerima informasi, kita harus bisa membedakan apakah informasi tersebut benar atau tidak sebelum memutuskan untuk membagikannya kepada user lain.

    “Aksi yang dilakukan untuk berbagi (informasi) ke sosial media, adalah hasil dari kita memproses informasi,” kata Feliciana.

    nathana-unsplash-ilustrasi-google-browser

    Feliciana juga memberikan beberapa saran bagi pengguna internet ketika mendapatkan sebuah informasi dari sumber manapun.

    Salahsatunya, “kita harus membiasakan diri untuk cek fakta dan kebenaran informasi terlebih dahulu,” ujarnya.

    Misalnya, pertimbangkan apakah website tersebut terpercaya atau tidak, sumber yang ada faktual atau tidak, sesuai atau tidak dengan sumber yang lain.

    Baca juga: Ponsel Tiba-Tiba Panas? Begini Cara Mengatasinya

    Sebelum Copy Paste, kalian bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

    Satu, pelajari dahulu sumber informasi yang didapat itu dari mana, apakah informasi tersebut otoritatif dan benar. 

    Kedua, cara untuk mempelajari informasi tersebut adalah dengan membandingkan informasi dari satu sumber dengan sumber lain. Misalnya, apakah informasi ini ada dan sama di sumber yang lain atau tidak.

    “Hal inilah yang paling penting, menelaah informasi terlebih dahulu sebelum sharing ke orang-orang,” tambah Feliciana.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini