icon-category Auto

Sejarah dan Kiprah 50 Tahun Toyota di Indonesia

  • 05 Jan 2021 WIB
Bagikan :

Foto: Bagja - Uzone.id

Uzone.id - Toyota termasuk brand besar dan tua di Tanah Air, sudah setengah abad. Memasuki tahun ke 50 terus memenuhi kebutuhan mobilitas pelanggan dan berpartisipasi aktif dalam membangun industri otomotif nasional.

Toyota Indonesia telah berkembang bersama masyarakat Indonesia menjadi sebuah perusahaan mobilitas yang senantiasa menghadirkan pilihan lengkap mulai dari produk, layanan purna dengan 333 outlet yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, hingga berbagai layanan digital.

Mengusung semangat untuk menghadirkan Mobility Happines for All, Toyota Indonesia berkomitmen untuk memberikan solusi mobilitas terbaik bagi masyarakat Indonesia di masa kini dan di masa depan, sesuai dengan kebutuhan dan trend yang terus berkembang.

Baca juga: Motor Listrik Lokal United T1800 Diluncurkan

“Merupakan sebuah kehormatan bagi Toyota untuk dapat menjadi bagian dari mobilitas masyarakat Indonesia selama 50 tahun. Terima kasih kami ucapkan atas kepercayaan yang telah diberikan," ujar kata President Director PT Toyota-Astra Motor, Susumu Matsuda.

Berkembang dari perusahaan mobil menjadi sebuah perusahaan mobilitas, Toyota berkomitmen untuk menciptakan Mobility Happiness for All dimana tidak hanya menghadirkan ever-better cars, namun juga memberikan layanan Total Mobility Solution.

Lahirnya Toyota Indonesia bermula dari upaya memenuhi kebutuhan sarana tranportasi masyarakat pada era 1970-an.

Dimulai dari impor, Toyota Indonesia terus berkembang hingga mampu menambah perannya dengan melokalisasi proses produksi dan terus meningkatkan kandungan lokal.

Didukung dengan 5 pabrik manufaktur mobil dan mesin, kini Toyota Indonesia berhasil dipercaya menjadi salah satu basis produksi (hub) di pasar Asia-Pasifik sehingga dapat mengekspor produk buatan dalam negeri ke lebih dari 80 negara di Asia, Afrika, Amerika Latin, Karibia, dan Timur Tengah.

“Kami bersyukur dapat menjadi bagian dari perkembangan sosial-ekonomi serta industri otomotif di Indonesia selama 50 tahun. Toyota Indonesia dapat berkembang menjadi salah satu pusat produksi dan ekspor di Asia-Pasifik ke pasar global,” ujar President Director PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Warih Andang Tjahjono.

Dalam beberapa dekade terakhir, teknologi dalam industri otomotif di Indonesia telah mengalami kemajuan pesat. Hal ini memotivasi Toyota Indonesia untuk menghadirkan deretan produk yang dapat memenuhi beragam kebutuhan mobilitas masyarakat.

Lebih dari 20 line up kendaraan yang terdiri beragam jenis mulai dari MPV, SUV, Hathback, Sedan, Commercial, hingga Sport tersedia sebagi kesatuan pilihan produk yang lengkap bagi masyarakat Indonesia.

Bahkan, Toyota Indonesia juga telah mengantisipasi lebih awal tantangan masa depan seperti tuntutan pengembangan kendaraan dengan teknologi yang ramah lingkungan.

Sejak tahun 2009, Toyota Indonesia telah memperkenalkan Toyota Prius sebagai kendaraan Hybrid Electric Vehicle (HEV) yang ramah lingkungan berkat teknologi mesin berbasis elektrifikasi sehingga menghasilkan emisi yang lebih rendah dan meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Hingga kini, Toyota Indonesia telah memasarkan 10 line up kendaraan berteknologi elektrifikasi yang terdiri dari 8 Hybrid Electric Vehicle (HEV), 1 Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), dan 1 Battery Electric Vehicle (BEV).

Kehadiran line up kendaraan berteknologi elektrifikasi tersebut telah menempatkan Toyota Indonesia tidak hanya yang pertama kali mempopulerkan, namun juga sekaligus sebagai market leader di pasar otomotif nasional.

Toyota Indonesia bersama rantai pasok juga telah bersiap untuk memproduksi model HEV yang ditujukan untuk pasar ekspor, selain domestik, pada tahun 2022.

Kedepannya, Toyota juga berkomitmen untuk senantiasa menghadirkan beragam layanan solusi mobilitas baru yang untuk mewujudkan Mobility Happiness for All dengan terus menghadirkan Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), dan Battery Electric Vehicle (BEV).

"Juga membangun ecosystem untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat agar dapat merasakan pengalaman bermobilitas dengan kendaraan elektrifikasi,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto.

Semangat menghadapi tantangan mobilitas di masa depan tercermin pada desain logo ulang tahun ke 50 Toyota Indonesia. Menggunakan angka 50 sebagai lambang dominan, logo ini dibagi dalam 4 bagian.

VIDEO Test Drive KIA Sonet:

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini