icon-category Digilife

Selama 2022, 400 Ribu File Berbahaya Disebar Lewat Android dkk

  • 07 Dec 2022 WIB
Bagikan :
Ilustrasi foto: Rahul Mishra/Unsplash

Uzone.id - Sistem Kaspersky menemukan sebuah fakta yang cukup mengejutkan, tercatat sebanyak 400 ribu file rata-rata tersebar setiap harinya di ruang digital selama 10 bulan terakhir.

Penyebaran ini meningkat dari tahun 2021 lalu sebanyak 5 persen dengan jenis ancaman yang juga meningkat. Sebagai perbandingan, tahun 2021 lalu sebanyak 380 ribu file terdeteksi oleh Kaspersky.

“Mengingat begitu cepatnya lanskap ancaman memperluas jangkauannya dan jumlah perangkat baru yang muncul dalam kehidupan sehari-hari pengguna, sangat mungkin tahun depan kami tidak lagi mendeteksi 400.000 file berbahaya per hari, melainkan setengah juta!” kata Vladimir Kuskov, kepala penelitian anti-malware di Kaspersky.

Pakar Kaspersky juga menemukan peningkatan sebanyak 181 persen untuk proporsi ransomware yang terdeteksi setiap hari. 

Dan tahun ini, secara total, sistem Kaspersky mendeteksi sekitar 122 juta file berbahaya, 6 juta lebih banyak dari tahun lalu.

Baca juga: Jelang Ditutup, Aplikasi Zenly Sudah Tak Bisa Diakses Pengguna Baru

Kaspersky juga menemukan bahwa pangsa ransomware yang ditemui setiap hari meningkat sebesar 181 persen dibandingkan tahun 2021 dengan jumlah 9.500 file enkripsi per hari. 

Sebanyak 142 persen pengunduh juga tercatat menginstal program berbahaya yang memiliki malware versi baru dan juga aplikasi yang tidak diinginkan pada perangkat yang terinfeksi.

“Yang lebih berbahaya adalah, dengan pengembangan Malware-as-a-Service, setiap penjahat dunia maya pemula sekarang dapat menyerang perangkat tanpa pengetahuan teknis dalam pemrograman,” tambahnya.

Perangkat Windows menjadi sasaran empuk para penyebar ancaman siber dimana tahun 2022 saja hampir 320 ribu file berbahaya menyerang perangkat Windows. 85 persen di antaranya menargetkan Windows itu sendiri. 

Tak hanya Windows, file berbahaya yang dibagikan tiap hari di Microsoft Office juga terdeteksi tumbuh menjadi dua kali lipat (pertumbuhan 236 persen).

Baca juga: Windah Basudara Hingga Jess No Limit Kuasai YouTube Indonesia

Android juga tidak lepas dari ancaman file berbahaya yang berisi malware, Kaspersky mengidentifikasi peningkatan 10 persen dalam pangsa file berbahaya yang menargetkan platform Android setiap hari. 

Contohnya, malware ‘Harly dan Triada Trojan’ telah menyergap ribuan pengguna Android di seluruh dunia.

“Sangat penting tidak hanya untuk organisasi besar tetapi juga para pengguna biasa untuk menggunakan solusi keamanan yang andal, sehingga menghindari menjadi korban para pelaku kejahatan siber tersebut,” jelas Vladimir.

Kaspersky merekomendasikan beberapa tips bagi pengguna perangkat-perangkat di atas agar terhindar dari penyebaran file-file berbahaya. 

Pertama, jangan mengunduh dan menginstal aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya

Selanjutnya, jangan mengklik link apa pun dari sumber yang tidak dikenal atau iklan daring yang mencurigakan

Ketiga, buat kata sandi yang kuat dan unik, termasuk campuran huruf kecil dan huruf besar, angka, dan tanda baca, serta aktifkan autentikasi dua faktor.

Keempat, selalu instal pembaruan terupdate dimana pembaruan ini kadang berisi perbaikan keamanan yang penting.

Selanjutnya, abaikan pesan yang meminta untuk menonaktifkan sistem keamanan untuk perangkat lunak kantor atau solusi keamanan siber

Gunakan solusi keamanan tangguh yang sesuai dengan jenis sistem dan perangkat kalian.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini