icon-category Gadget

Selamat Tinggal BlackBerry OS

  • 04 Jan 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: Randy Lu/Unsplash

    Uzone.id – BlackBerry bisa dibilang pemimpin awal di industri ponsel pintar, namun sayangnya ketika iPhone dan deretan ponsel Android diperkenalkan, perusahaan asal Kanada ini langsung anjlok pangsa pasarnya.

    Pertama kali diumumkan pada September 2020, BlackBerry mengatakan akan menyetop sistem operasinya pada 4 Januari 2022. Dan hari itu pun tiba.

    Mulai hari ini, OS BlackBerry yang dulunya cukup ikonis resmi dimatikan.

    Baca juga: 2022 Masih Akan Krisis Nintendo Switch

    “Semua perangkat yang berjalan di OS BlackBerry 7.1 dan pendahulunya, software BlackBerry 10, serta BlackBerry PlayBook OS 2.1 dan pendahulunya melalui jaringan seluler ataupun koneksi WiFi tidak akan berfungsi lagi setelah 4 Januari,” tulis pihak perusahaan.

    Seperti yang diketahui, beberapa tahun setelah masa kejayaan BlackBerry yang terbilang singkat, BlackBerry pada akhirnya mengalihkan perangkat ponselnya ke OS Android mulai dari BlackBerry Priv di 2015.

    Namun perusahaan tetap OS mobile-nya beroperasi untuk waktu yang lebih lama lagi.

    Baca juga: Siapa yang Masih Pakai BlackBerry?

    Melihat pangsa pasar dan popularitas yang kian merosot, OS BlackBerry pun dianggap sudah tak lagi relevan dan sudah saatnya dimatikan.

    Perangkat BlackBerry yang berjalan di OS Android seperti KeyOne, Key2, Key2 LE akan tetap berfungsi seperti biasanya, namun ponsel-ponsel ini akan kehilangan akses BlackBerry Protect, BlackBerry Password Keeper, BlackBerry ID, PIN, dan hal-hal lain yang mengandalkan server eksternal.

    Jika kalian masih setia menggunakan ponsel dan OS BlackBerry hingga hari ini, sudah saatnya move on dan ucapkan selamat tinggal untuk sistem operasi satu ini.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini