Digilife

Sepekan, Clubhouse Android Baru Diunduh 1 Juta Kali

  • 25 May 2021
  • Bagikan :

     

    Uzone.id - Usai ditunggu-tunggu, aplikasi percakapan audio, Clubhouse akhirnya bisa dinikmati oleh pengguna Android. Namun sepertinya pengguna Android sudah lelah menunggu karena jumlah unduhan selama beberapa hari tayang, hanya sejuta download.

    Dilansir Neowin.net, Selasa, 25 Mei 2021, hanya sejuta download untuk Clubhouse, aplikasi yang awalnya eksklusif untuk pengguna Apple iPhone. Di PlayStore terlihat jika jumlah unduhan baru mencapai satu juta dalam kurun kurang dari seminggu semenjak kemunculannya.

    Diketahui, Clubhouse menandakan kemunculannya pertama kali di PlayStore Google pada 10 Mei lalu. Namun memang hanya diperuntukkan bagi pengguna Android di Amerika Serikat.

    Clubhouse sendiri diluncurkan pertama kali pada Maret 2020. Aplikasi ini hanya bisa digunakan oleh para pengguna iPhone yang mendapatkan undangan khusus untuk bergabung. Clubhouse diminati karena para penggunanya bisa mengobrol melalui voice chat lebih dari 5000 pengguna.

    Dalam waktu setahun, popularitasnya di kalangan para pengguna iPhone mulai meningkat. Penggunanya bertambah sampai 10 juta setelah banyak figur ternama yang bergabung, mulai dari Elon Musk, Oprah Winfrey, sampai Mark Zuckerberg dan Bill Gates.

    Sejak aplikasi ini mendadak hype, Clubhouse memang mendapatkan tempat di hati para pengguna iPhone karena ekslusivitasnya. Bahkan aplikasi ini menarik perhatian selebriti ternama, politisi, investor sampai pengusaha.

    Banyak yang menduga, hadirnya Clubhouse di Android juga dipicu dari turunnya pengguna iOS.

    Jika melihat data dari lembaga riset Apptopia, Clubhouse disebut telah diunduh sebanyak 13,5 juta kali di perangkat iOS per Mei 2021. Namun, angka unduh harian (daily download) diklaim mengalami penurunan yang disebabkan dari anjloknya jumlah pengguna aktif harian sebanyak 68 persen pada Februari lalu.