Health

Sering Pakai High Heels, Ini Efeknya terhadap Otot Pergelangan Kaki

  • 28 October 2018
  • Bagikan :
    Sering Pakai High Heels, Ini Efeknya terhadap Otot Pergelangan Kaki

    Bagi para perempuan, sepatu hak tinggi atau high heels menjadi alas kaki pilihan yang dapat menyempurnakan penampilan. Tak heran, high heels memang membuat tubuh terlihat lebih tinggi, postur tubuh menjadi seimbang serta terlihat stylish saat dipadukan dengan busana apapun.

    Namun belum lama ini, sebuah penelitian menunjukkan efek yang ditimbulkan saat mengenakan high heels terlalu sering. Penelitian yang dipublikasikan Oktober ini di jurnal The International Journal of Clinical Practice meneliti sejumlah calon pramugari di salah satu universitas di Korea Selatan.

    Seluruh mahasiswi ini diharuskan mengenakan high heels setiap hari saat mengikuti pelajaran selama empat tahun. Rupanya, hasil penelitian tersebut cukup signifikan.

    Dilansir New York Times, mahasiswi pramugari di tahun kedua dan ketiga memiliki kekuatan otot yang lebih besar di sekitar pergelangan kaki, terutama di bagian dalam dan luar persendian. Dari segi kekuatan otot, mereka lebih kuat dibandingkan mahasiswi pramugari di tahun pertama.

    Tetapi di tahun keempat, rupanya kekuatan otot di sekitar pergelangan kaki mulai melemah. Sedangkan keseimbangan mereka menurun secara dramatis seiring dengan penggunaan high heels setiap hari.

    Dr. Yong-Seok, periset dari penelitian ini menyarankan untuk menguatkan pergelangan kaki dengan melakukan gerakan olahraga heel lift. Yakni berdiri tanpa alas kaki kemudian lakukan gerakan turun-naik tangga dengan bertumpu di jari-jari kaki seperti berjinjit.

    Selain itu, lakukan pula gerakan olahraga heel drops, yaitu berdiri di tepi tangga tanpa alas kaki dan lakukan gerakan turun-naik dengan bertumpu di ujung tumit.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini