icon-category Health

Sering Pakai Sandal Jepit Ternyata Ada Risikonya, Apa Saja?

  • 24 Mar 2017 WIB
  • Bagikan :

    Siapa yang tak suka memakai sandal jepit? Alas kaki sederhana ini memang terlihat paling santai dengan ragam warna yang menarik. Wajar jika banyak orang senang menggunakan alas kaki berbentuk sandal jepit.

    Namun para ahli telah memperingatkan bahaya memakai sandal jepit setiap hari. Di saat cuaca panas, pemakaian sendal jepit dikhawatirkan dapat memicu kulit permukaan kaki terbakar.

    Belum lagi bentuknya yang terbuka, membuat kaki Anda berisiko terinfeksi bakteri, virus dan jamur. Anda juga berpeluang tersandung dan melukai kaki Anda. Jadi cari tahu alasan lain mengapa sebaiknya Anda tak menggunakan sendal jepit setiap hari seperti dilansir Boldsky:

    1. Memicu nyeri pada tumit

    Alas kaki ini cenderung meningkatkan kontak langsung antara bagian bawah kaki dengan permukaan tanah atau lantai yang Anda injak. Jika dipakai dalam waktu terlalu lama maka sandal jepit bisa membuat tumit Anda sakit dan terasa pegal-pegal.

    2. Rentan tersandung

    Sandal jepit tak memiliki perlindungan menyeluruh terhadap kaki. Itu sebabnya Anda mudah tersandung dan meningkatkan risiko terluka pada kaki.

    3. Merubah kebiasaan jalan

    Menggunakan sandal jepit dapat membuat kebiasaan jalan Anda berubah. Anda akan mengambil langkah kecil saat berjalan dan ini dapat memicu nyeri di bagian pinggul dan lutut.

    4. Lecet diantara jari kaki

    Gesekan antara penjepit dengan kaki dapat memicu lecet. Jika Anda biarkan maka lecet akan menjadi pintu masuk bagi bakteri untuk menginfeksi tubuh Anda.

    5. Merusak postur tubuh

    Menggunakan sandal jepit setiap hari dapat merusak postur tubuh Anda secara keseluruhan. Hal yang sama terjadi jika Anda memakai sepatu alas datar (flat shoes) yang memicu sakit punggung jika dipakai terlalu sering.

    Tags : Sandal jepit 

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini