icon-category Digilife

Setelah 36 Tahun, Apple Bikin Chipset Sendiri untuk Mac

  • 10 Jun 2020 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id - Apple sedang bersiap untuk menggantikan Intel sebagai prosesor utama mereka di komputer Mac. Sebagai gantinya, perusahaan akan membuat chipset sendiri.

    Santer disebutkan bahwa prosesor utama buatan Apple ini sendiri akan diumumkan pada pertemuan para pengembang, Worldwide Developer Confrence (WWDC) tahun 2020.

    Seperti dikutip dari The Age, Rabu (10/6), WWDC 2020 yang digelar pada 22 juni mendatang, Apple akan mengumumkan proyek chipset ini dengan nama kode ‘Kalamata’.

    Selain diumumkan untuk pertama kalinya, Apple akan memberi pengembang waktu untuk menyesuaikan sebelum Mac baru diluncurkan pada 2021.

    Baca juga: Apple Seharusnya Beli Mesin Pencari Sendiri

    Dengan begitu, segala chipset yang berguna sebagai ‘otak’ komputer Mac Apple mungkin akan segera pindah ke chip berbasis ARM yang dikembangkan oleh perusahaan itu sendiri.

    Prosesor baru ini akan didasarkan pada teknologi yang sama yang digunakan dalam iPhone dan iPad yang juga dirancang oleh Apple.

    Bila menjadi kenyataan ini akan menjadi pertama kalinya dalam 36 tahun sejarah Mac akan menggunakan prosesor yang dirancang Apple sendiri.

    Selama kehadiran Mac, Apple mengubah chip hanya dua kali. Pada awal 1990-an, Apple beralih dari prosesor Motorola ke PowerPC. Di WWDC pada 2005, Steve Jobs mengumumkan perpindahan dari PowerPC ke Intel, dan Apple meluncurkan Mac berbasis Intel yang pertama pada Januari 2006 hingga saat ini.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini