icon-category Technology

Setelah Foto, Huawei Tipu-tipu Hasil Benchmark

  • 09 Sep 2018 WIB
Bagikan :

Huawei ketahuan mengoptimalkan beberapa model smartphone terbaiknya untuk melakukan over-perform alias mencurangi hasil benchmark. Itu diketahui setelah AnandTech menemukan fakta bahwa seri Huawei P20 telah diprogram untuk memaksimalkan kinerjanya ketika menjalankan aplikasi 3DMark.

Dilansir dari The Verge, Sabtu (08/09/2018), developer pembuat aplikasi 3DMark, UL telah menindaklanjuti temuan ini dan menyatakan akan menghapus seri P20, serta tiga seri lainnya yakni P20 Pro, Nova 3 dan Honor Play yang disinyalir melakukan kecurangan yang sama dari leaderboard benchmark-nya.

Huawei sendiri telah mengakui kecurangannya tersebut. Perusahaan asal China ini mengatakan bahwa smartphone-nya dirancang untuk menyesuaikan kinerja berdasarkan aplikasi yang sedang berjalan.

Namun tetap saja, cara yang dilakukan Huawei sama sekali dilarang. Sebab, mereka tidak boleh mengkodekan smartphone-nya untuk memaksimalkan performanya ketika menjalankan aplikasi benchmark.

Baca Juga: Review Huawei P20 Pro: Kamera Canggih dan Performa Apik

UL pun membuktikannya ketika mereka menjalankan aplikasi 3DMark versi internal yang sama sekali tidak dikenali smartphone Huawei. Hasilnya, smartphone Huawei langsung mendapatkan perolehan benchmark yang lebih buruk dan menunjukkan bahwa smartphone tidak cukup cerdas untuk mengidentifikasi tuntuan kinerja yang tinggi.

Kasus mencurangi hasil benchmark oleh Huawei tentu sangat tidak menguntungkan bagi perusahaan tersebut. Sebab, kasus ini muncul setelah beberapa minggu lalu mereka juga ketahuan menggunakan foto hasil kamera DSLR untuk dijadikan “hasil foto” dari Huawei Nova 3.

Bac Juga: Pakai Software Tua, Huawei Jadi Sorotan Inggris

Hasil benchmark mungkin saja tidak terlalu penting. mengoptimalkan aplikasi benchmark yang menghasilkan sejumlah perolehan yang tinggi mungkin hanya membuat pengguna expert tergoda, tapi bagi pengguna awam, perolehan benchmark tidak berkorelasi dengan pengalaman sebenarnya ketika menggunakan smartphone.

Tes yang lebih baik adalah langsung menggunakan smartphone untuk menjalankan tugas berat, seperti bermain game untuk mengetahui performa sebenarnya. Huawei pun mengakui ini, dengan menegaskan bahwa mereka selalu memprioritaskan pengalaman pengguna daripada mengejar skor benchmark tinggi, karena tidak ada hubungan langsung antara benchmark smartphone dan pengalaman pengguna.

Bac Juga: Upss Ketahuan! Hasil Foto di Iklan Nova 3 Pakai DSLR

Tapi pengakuan Huawei terbilang lucu, karena perusahaan itu malah melakukan “trik khusus” untuk meningkatkan kinerja yang lebih tinggi saat menjalankan tes benchmark. (WS/FHP)

Artikel Setelah Foto, Huawei Tipu-tipu Hasil Benchmark dan info teknologi terkini lainnya bisa Anda dapatkan di Telset.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Tags : Huawei benchmark 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini