home ×
Digilife

Shopify Disusupi Karyawan Sendiri, Data Pelanggan dan Merchant Bocor

23 September 2020 By
Shopify Disusupi Karyawan Sendiri, Data Pelanggan dan Merchant Bocor
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Platform eCommerce Shopify mengungkap telah terjadi kebocoran data di dalam perusahaannya. Yang menjadi penyebab bukan hacker atau malware, melainkan karyawan sendiri.

Melansir dari Reuters, Rabu, 23 September 2020. Shopify Inc mengatakan jika data-data jutaan penggunanya di seluruh dunia tempat mereka beroperasi telah terekspos keluar. Dua karyawannya berusaha untuk mencuri data transaksi di dalam platform tersebut.

Data tersebut mencakup email, nama dan alamat, termasuk detail order yang dilakukan oleh para konsumen Shopify. Namun, menurut Shopify, data transaksi pembayaran maupun informasi keuangan atau kartu kredit pengguna tidak sampai terekspos.

Baca juga: Tips Bertransaksi Online di Tengah Kondisi Wabah Covid-19 Melanda

"Insiden ini bukan karena kerentanan teknis di platform kami, dan sebagian besar pedagang yang menggunakan Shopify tidak terpengaruh. Namun, mereka yang tokonya diakses secara tidak sah mungkin memiliki data pelanggan yang bocor. Kami sekarang telah bekerja sama dengan FBI dan badan keamanan internasional untuk menginvestigasi hal ini," ungkap Shopify dalam keterangan di blog resmi mereka.

Shopify mengaku telah menutup akses ke dua orang pegawainya tersebut. Mereka juga mengatakan bahwa perusahaan tak menemukan bukti apapun terkait dengan adanya penyalahgunaan data-data tersebut. Namun begitu mereka telah memberitahukan 200 merchant yang diduga terkena imbasnya.

Shopify menduga data-data pelanggan dari sekitar 200 merchant itulah yang terekspos akibat tangan jahil karyawannya.

"Kami berkomitmen untuk melindungi platform, merchant dan konsumen mereka. Kami akan terus berupaya untuk menjaga kepercayaan pengguna setiap hari," ujar Shopify.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article