Digilife

Siap-siap! Harga Jual Smartphone Bakal Naik 20 Persen

  • 27 August 2021
  • Bagikan :
    Siap-siap! Harga Jual Smartphone Bakal Naik 20 Persen

     

    Uzone.id - Krisis chip yang menyebabkan suplai komponen perangkat terganggu pada akhirnya akan menaikkan harga jual gadget. Terbaru, TSMC dikabarkan akan menaikkan harga komponen chip dalam waktu dekat. Kenaikannya tidak tanggung-tanggung, sampai 20 persen.

    Wall Street Journal melaporkan, Jumat, 27 Agustus 2021, jika Taiwan Semiconductor Manufacturing Co., atau yang biasa dikenal sebagai TSMC, berencana untuk menaikkan harga jual komponen chip buatannya. Kenaikan itu akan terjadi di kuartal akhir tahun ini atau sekitar awal tahun depan.

    TSMC akan menaikkan harga jual chip sekitar 10 sampai 20 persen. Jika rumor ini benar adanya, manufaktur perangkat teknologi juga akan mengalami kenaikan harga jual. Bukan hanya CPU dan GPU AMD tapi juga dari Intel dan Nvidia. Bahkan vendor laptop, iPhone buatan Apple dan produsen smartphone Android yang mengandalkan komponen Qualcomm juga dipastikan akan mengalami kenaikan harga.

    Baca juga: Krisis Chip, Bagaimana Nasib Smartphone Samsung?

    TSMC, sebagai produsen chip terbesar di dunia merasa perlu menaikkan harga karena terjadi lonjakan permintaan chip di pasar. Kenaikan harga sebesar 20 persen akan berlaku bagi chip komponen untuk produsen otomotif, sedangkan industri lainnya naik sekitar 10 persen.

    Industri lainnya yang dimaksud kemungkinan akan mencakup prosesor yang digunakan industri PC dari semua lini, termasuk yang menggunakan TSMC sebagai fasilitas manufaktur. Meskipun Nvidia mendesain GPU-nya sendiri, namun produksinya di TSMC. Sekitar setengah dari pendapatan TSMC berasal dari proses manufaktur 7nm, seperti yang digunakan oleh prosesor Ryzen AMD. Selama kuartal pertama tahun 2021, TSMC melaporkan bahwa 45 persen dari pendapatannya berasal dari produsen smartphone seperti Apple, meskipun tidak untuk pelanggan individu.

    Sejatinya, Nvidia sudah memperingatkan pasar sejak lama. CEO Nvidia Jensen Huang menyebut jika suplai GPU akan semakin kompetitif di tahun depan sehingga hal ini harus diantisipasi dengan adanya kenaikan harga.

    Baca juga: Krisis Chip, Xiaomi Stop Penjualan Redmi Note 10 di Indonesia

    Kemungkinan ini juga akan terjadi pada AMD dan Qualcomm. Kenaikan harga akan terjadi pada perangkat yang membutuhkan CPU Ryzen, GPU Radeon dan smartphone berbasis chip Snapdragon. Belum lagi konsol game seperti Xbox Microsoft dan Sony PlayStation yang menggunakan APU AMD, yang ternyata juga diproduksi oleh TSMC.

    Kabarnya, chip GPU Arc PC Intel yang akan datang juga akan diproduksi di TSMC.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini