Digilife

Siapa Ellya Khadam? Dirayakan Google Doodle Hari Ini

  • 23 October 2021
  • Bagikan :
    Siapa Ellya Khadam? Dirayakan Google Doodle Hari Ini

    Gambar ilustrasi Ellya Khadam (Fatchurofi Muhammad / Google Doodle)

    Uzone.id - Google Doodle menampilkan gambar ilustrasi Ellya Khadam pada hari ini, Sabtu (23/10/2021), bertepatan dengan ulang tahun ke-93 penyanyi dangdut, penulis lagu dan aktor legendaris asal Indonesia itu.

    Gambar ilustrasi Ellya Khadam pada Google Doodle diilustrasikan oleh seniman asal Semarang, Fatchurofi Muhammad. 

    "Ellya Khadam, yang secara luas dianggap sebagai pelopor dangdut, genre musik rakyat populer di Indonesia yang memadukan tradisi musik lokal bersama dengan beragam gaya seperti musik rock-and-roll Barat dan film India," seperti dilansir Uzone.id dari blog Google Doodle.

    BACA JUGA: Samsung Galaxy S52 5G, Dibekali Snapdragon 778G dan RAM 8GB

    Ellya Khadam (Foto: Instagram @hellodangdut.id)

    Ellya Khadam punya nama asli Siti Alya Husnah lahir pada 23 Oktober 1928 di Jakarta. Dia mengembangkan bakat musiknya dengan meniru genre ini, yang memungkinkan dia untuk membuat nama untuk dirinya sendiri dengan bernyanyi di pesta pernikahan dan kemudian bergabung dengan pakaian musik lokal.

    Ellya Khadam dikenal sebagai penyanyi di Orkestra Melayu Kelana Ria selama tahun 1950-an, sebuah grup musik yang mendapat banyak inspirasi dari budaya dan musik India. Ellya Khadam mencapai puncaknya dengan merilis lagu hit “Boneka India” (Boneka dari India) pada tahun 1956.

    BACA JUGA: 8 Cara Istirahat Sejenak dari Toxic Media Sosial

    Artis yang meninggal dunia pada 2 November 2009 di usia 81 tahun itu dianggap sebagai perintis genre dangdut di Indonesia.

    Ellya Khadam mengungkapkan cintanya pada adat India tidak hanya dengan menggunakan ritme tabla India dalam lagu-lagunya, namun juga dengan mengenakan busana sari dan mengenakan sindoor di dahinya.

    "Selain pencapaian musiknya, yang mempopulerkan dangdut dan menginspirasi generasi muda untuk membawa genre ini ke tingkat yang lebih tinggi, Khadam membintangi lusinan film hingga akhir 1970-an," tulis Google.

    Hari ini, dangdut menampilkan budaya bangsa dalam skala global sebagai salah satu gaya musik paling populer di Indonesia - bahkan membuat debut bersejarah di atas panggung di Times Square New York awal tahun ini!

    "Selamat ulang tahun, Ellya Khadam - terima kasih telah menyuarakan gelombang baru budaya Indonesia," tutup Google.

     

     

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini