home ×
Digilife

Siapa Sebenarnya Mr Hu di Shopee?

22 February 2021 By
Siapa Sebenarnya Mr Hu di Shopee?
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi. (Foto: Uzone.id)

Uzone.id - Belum lama ini, jagat media sosial ramai membicarakan tengah Mr Hu, penjual di Shopee. Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM), Teten Masduki juga telah memanggil e-commerce berlogo oranye itu pada Kamis (18/2).

Mr Hu sendiri diduga merupakan penjual asal China. Warganet di media sosial menuding Mr Hu telah melemahkan daya saing UMKM di Indonesia. Namun, siapa sebenarnya Mr Hu? Berikut beberapa fakta tentang penjual tersebut seperti Uzone.id rangkum dari berbagai sumber.

1. Muncul sebagai pengirim

Nama Mr Hu selalu tertera saat berbelanja di marketplace. Alamat pengirimannya berasal dari Shangxue Industrial Park, Building 6, Bantian.

Baca juga: Android 12, Google Mulai Gerilya ke Developer

2. Produk sangat murah

Mr Hu menjual bermacam-macam barang. Ada aneka perabotan rumah tangga, kebutuhan sehari-hari, hingga pernak-pernik lucu. Harga produk-produk tersebut dibanderol sangat murah. Bahkan, harganya bisa lebih murah 50 persen dari harga produk sejenis lainnya.

3. Membunuh UMKM

Seperti yang dikeluhkan warganet tanah air, harga jual yang sangat murah itu berbahaya bagi keberlangsungan UMKM.

4. Penjelasan Shopee

Setelah mengadakan pertemuan dengan Kementerian Koperasi dan UKM, perwakilan Shopee Indonesia menyatakan bahwa sebanyak 98,1 persen dari 4 juta penjual aktif di Shopee adalah UMKM dan hanya 0,1 persen penjual crossborder.

Berdasarkan pernyataan resmi Kementerian Koperasi dan UKM, penjualan produk UMKM di dalam ekosistem digital penyedia platform marketplace tersebut tercatat sebesar 71,4 persen, sedangkan produk crossborder hanya 3 persen, dan sisanya pedagang besar lokal.

Baca juga: Shopee Klarifikasi Usai Tagar #SellerAsingBunuhUMKM Menggema

5. Menkop UKM minta komitmen Shopee kembangkan UMKM

Menkop UKM juga telah meminta komitmen Shopee untuk mengembangkan UMKM dan mendorong produk lokal.

Masih dari sumber yang sama, Shopee berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan serta keberlangsungan bisnis para pelaku UMKM di Indonesia dengan memberikan sorotan khusus melalui inisiatif dan inovasi yang dihadirkan sejak awal Shopee berdiri.

“Kami telah menghadirkan rangkaian program edukasi dan pendampingan bersama dengan beberapa kementerian dan lembaga pemerintahan melalui Kampus Shopee, serta memasarkan produk UMKM melalui kanal khusus produk lokal Kreasi Nusantara,” kata Radityo Triatmojo, Head of Public Policy and Government Relations Shopee Indonesia.

VIDEO: Test Kemampuan GoPro Hero 9 Black, Paket Komplit Kameramen!

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id