icon-category Auto

Smartec, Atasi Keausan Ban Tidak Merata

  • 07 Jan 2022 WIB
  • Bagikan :
    Teknologi ban terbaru dari Hankook

    Uzone.id - Ban kerap punya masalah klasik soal keausan tidak merata. Pengendara niaga yang baik, tentu sudah melakukan berbagai cara untuk menjaga keausan ban, di antaranya dengan mengecek tekanan angin dan komponen roda kendaraan secara rutin.

    Namun, terkadang keausan tidak rata pada ban pun masih bisa terjadi. Oleh karena itu, langkah tersebut perlu disempurnakan dengan menggunakan sebuah teknologi yang bisa mengurangi keausan ban tidak merata.

    Ahmad Juweni, National Sales Manager Truck and Bus Radial (TBR) PT. Hankook Tire Sales Indonesia mengatakan, keausan tidak merata disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain tekanan angin tidak sesuai, baik berlebih maupun kurang, komponen roda yang tidak sesuai, setelan roda dan lain sebagainya.

    BACA JUGA: Bus Dual Mode Ini Bisa Beroperasi di Jalan Aspal dan Rel Kereta Api

    "Selain memastikan hal-hal tersebut sesuai, teknologi yang diaplikasikan pada ban juga dapat membantu meminimalisir risiko keausan ban tidak rata dan memperpanjang usia ban.” ungkapnya.

    Berangkat dari hal tersebut, Hankook menawarkan inovasi bagi kendaraan niaga dalam menghadapi keausan ban tidak merata, yaitu dengan menciptakan ban yang dilengkapi dengan teknologi Smartec.

    Sebagai bagian dari portofolio ban TBR, Smartec merupakan kombinasi teknologi dari lima kinerja utama ban, yaitu: keamanan, jarak tempuh, anti-chip & cut, retreadability atau kemampuan ban untuk dilapisi dengan tapak baru, dan traksi.

    Elemen-elemen tersebut umumnya jadi pertimbangan konsumen dalam memilih ban yang tepat. Hankook menerapkan Smartec pada seluruh penelitian, pengembangan, dan proses manufaktur untuk semua produk.

    Selain itu, ban TBR Hankook juga memiliki keunggulan tersendiri untuk mengurangi keausan tidak rata. Seperti tipe AH31 SmartFlex yang didesain untuk perjalanan jarak jauh di jalanan halus, beraspal, on road, serta bisa digunakan untuk segala posisi roda atau all-position tire.

    Ban ini memiliki tapak dan bahu yang lebar demi mencapai usia ban yang lebih panjang dan kinerja handling terbaik di jalanan.

    Ban tersebut juga mengaplikasikan Multi 3-Dimensional Kerf yang memberikan traksi lebih baik, serta mengendalikan keausan yang tidak merata.

    BACA JUGA: Google, Microsoft dkk Batal Hadir di CES 2022 Gara-gara Omicron

    Terdapat fitur Tread Wear Equalised Stepper (T.W.E.S) yang memastikan keausan merata di seluruh bagian ban sehingga menghasilkan umur pakai ban yang lebih panjang.

    Di samping itu, hadir seri AM09 SmartWork yang didesain untuk digunakan di segala posisi serta kondisi jalan mixed on & off road.

    Ban ini memiliki pola directional dengan alur traksi zig-zag,  sehingga menopang kinerja yang baik dalam kondisi jalanan basah dan kering, baik di aspal maupun tanah.

    Ban AM09 SmartWork mampu memiliki umur tapak yang panjang berkat material senyawa kompon High Structure Carbon Black yang bermanfaat memperlambat tingkat keausan, serta desain simetris yang membantu meningkatkan pembagian tekanan pada ban di area tapak.

    Sehingga ketika kendaraan melakukan akselerasi, menikung, dan mengerem, tekanan terhadap ban bisa tersebar merata dan menghindari keausan tidak merata pada permukaan ban.

    Berikut produk berteknologi Smartec yang ditawarkan Hankook Tire Indonesia, antara lain AH31 SmartFlex dan ban AM09 SmartWork yang siap menghadapi berbagai karakteristik medan perjalanan di Indonesia.

    Ban AH31 memiliki dua ukuran yaitu 11R225 dan 295/80R225, tipe tubeless radial sedangkan ban AM09 memiliki satu ukuran yaitu 750R16 tipe tube type radial.

    Produk-produk Hankook TBR dan layanan untuk pengusaha angkutan niaga tersedia di seluruh jaringan distributor hankook di Indonesia.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini