Technology

Soal Jualan Ponsel, Huawei Lebih Jago dari Apple

  • 29 August 2018
  • Bagikan :
    Soal Jualan Ponsel, Huawei Lebih Jago dari Apple

    Perusahaan analis Gartner menyebut bahwa Huawei telah mengambil alih posisi Apple sebagai perusahaan ponsel terbesar nomor dua di dunia. Huawei menjual 49,8 juta ponsel pada Q2 2018, mengalahkan Apple yang “hanya” menjual 44,7 juta unit.

    Menurut Gartner, seperti dilaporkan Digital Trends, Huawei berhasil menguasai 13,3 persen pangsa pasar, naik dibanding 9,8 persen pada Q2 2017.

    Sementara pangsa pasar Apple di kuartal kedua tahun ini malah turun dari 12,1 persen pada tahun lalu menjadi 11,9 persen.

    Pada Q3, Apple punya peluang menduduki lagi posisi nomor dua. Sebab, Apple bakal merilis tiga iPhone baru sekaligus pada September 2018 mendatang. Ketiganya akan hadir dengan teknologi dan desain baru.

    Baca juga: Gusur Apple, Huawei Jadi Smartphone Terlaris Kedua Sejagat

    Perusahaan China, termasuk Huawei, memang memaksa Apple untuk membuat iPhone yang lebih baik dengan banyak fitur baru untuk meyakinkan pengguna. Menurut Gartner, permintaan terhadap iPhone X  menurun lebih cepat ketimbang model iPhone sebelumnya.

    Baca juga: Apple Tak Berkutik ‘Dikeroyok’ Pemain China

    Setelah Samsung, Huawei, dan Apple, Xiaomi serta Oppo menduduki posisi keempat dan kelima. Dengan kata lain, Samsung dan Apple dikeroyok produsen asal China. Xiaomi, khususnya, berhasil meningkatkan pangsa pasar secara signifikan.

    Xiaomi menjual 21 juta ponsel pada Q2 2017. Pada Q2 2018, Xiaomi berhasil meningkatkan penjualan ponsel menjadi 33 juta unit. Xiaomi menguasai 8,8 persen pangsa pasar ponsel dunia.

    Baca juga: Geser Posisi Apple, Huawei Akhirnya “Naik Kelas”

    Tidak aneh jika Samsung masih menjadi nomor satu di industri ponsel. Mereka telah lama bermain di ranah gadget. Namun, menurut laporan Gartner, pangsa pasar Samsung turun dari 22,6 persen pada tahun lalu menjadi 19,3 persen. [BA/HBS]

    Sumber: Digitaltrends

    Artikel Soal Jualan Ponsel, Huawei Lebih Jago dari Apple dan info teknologi terkini lainnya bisa Anda dapatkan di Telset.

    Tags : huawei china apple iphone 

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini