icon-category Gadget

Spesifikasi Oppo Reno8 Z 5G Mirip Reno7 Z, Bedanya Apa?

Uzone.id - Trio Reno8 Series baru saja diperkenalkan oleh Oppo Thailand, yakni Reno8 standar, Reno8 Pro dan Reno8 Z 5G. Model dengan spesifikasi paling rendah, Oppo Reno8 Z 5G bisa dibilang tak membawa peningkatan signifikan ketimbang seri terdahulu.

Gimana enggak, spek utamanya mirip dengan Oppo Reno7 Z 5G, termasuk prosesor sampai konfigurasi RAM dan memori penyimpanan. Perbedaan paling kentara malah terdapat pada desainnya yang lebih slick dan mewah berkat varian warna yang baru.

Oppo Reno8 Z 5G kini tampil dengan desain yang lebih halus ketimbang seri sebelumnya. Bingkainya datar alias flat, namun lebih berat dan tebal ketimbang Reno7 Z 5G. Secara dimensi, smartphone ini punya ketebalan 7,7 mm dengan berat 181 gram.

Kendati begitu, dengan material yang berbeda, Oppo Reno8 Z 5G lebih nyaman digenggam. Form factor serta tekstur halus pada bodi belakangnya membuat ponsel ini nyaman dioperasikan menggunakan satu tangan saja.

Berbicara soal spesifikasi utama, Oppo Reno8 Z 5G dilengkapi dengan layar AMOLED berukuran 6,43 inci. Fitur bawaannya serupa dengan seri terdahulu, seperti intensitas cahaya 600 nits dan resolusi Full HD+ tanpa dukungan refresh rate tinggi.

Bedanya, kini layar ponsel tersebut telah berlapis SCHOTT Xensation Up Glass agar tak mudah terkena goresan halus yang mungkin terjadi.

Baca juga: Oppo Reno8 Pro Masuk Indonesia, Diwariskan Fitur Kamera Find X5 Pro

Prosesornya pun masih sama, Snapdragon 695 5G yang dipadukan dengan RAM 8 GB yang bisa diperluas secara virtual dan memori penyimpanan 128 GB. Adapun untuk baterai sudah 4.500 mAh dengan fast charging 33W.

Di bagian kamera, Oppo Reno8 Z 5G dibekali dengan tiga kamera belakang yang ditempatkan pada modul kamera yang tergabung pada bodi. Yup, frame kameranya datar yang menyatu dengan bodi belakang.

Sementara lingkaran kamera dibiarkan menonjol, membuatnya terlihat berbeda dibandingkan seri sebelumnya. Konfigurasi kameranya sendiri antara lain 64MP kamera utama dan sepasang kamera 2MP untuk makro dan depth.

Di depan, tersemat kamera selfie 16MP yang diletakkan pada lubang kamera pada sudut kiri atas layarnya. 

Oppo Reno8 Z 5G di Thailand dijual dengan harga 12.990 baht atau setara Rp5,4 jutaan. Ada dua varian warna, yakni Dawnlight Gold dan Black dengan tekstur matte yang halus dan anti jejak sidik jari.

Baca juga: Mengenal Canggihnya Teknologi Fast Charging di Smartphone

Oppo Reno8 Z 5G sudah lolos TKDN

Menyusul Thailand, sepertinya Oppo Reno8 Z 5G juga akan melenggang resmi di Indonesia. Pasalnya, smartphone ini telah lolos TKDN Kementerian Perindustrian RI dengan nomor sertifikat 2038/SJ-IND.8/TKDN/6/2022.

Ponsel dengan nomor model Oppo CPH2457 itu mengantongi nilai TKDN sebesar 35,50 persen dan mendapatkan sertifikasi TKDN pada 8 Juni 2022. Belum diketahui kapan ponsel ini masuk ke Indonesia, tapi disinyalir kehadirannya bakal terjadi tak lama lagi.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini