home ×
Digilife

Surat Bebas Covid-19 Dijual Bebas, Tokopedia Langsung Bertindak

15 May 2020 By
Surat Bebas Covid-19 Dijual Bebas, Tokopedia Langsung Bertindak
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Surat Bebas Covid-19 yang dijual bebas di e-Commercce akhirnya tidak lagi bisa ditemukan. Tokopedia pun mengaku sudah menindak tegas pedagang yang ketahuan menjajakan surat tersebut dengan harga Rp70 ribu.

Dikatakan pihak Tokopedia, platformnya melarang keras adanya transaksi yang dilakukan tak sesuai dengan prosedur. Termasuk di antaranya adalah menjual barang yang mengatasnamakan pihak lain tanpa izin.

Shopee Take Down dan Tutup Toko yang Jual Surat Bebas Covid-19 ...

"Kami menegaskan, saat ini Tokopedia telah melarang tayang produk atau toko yang melanggar ketentuan tersebut. Platform Tokopedia memang bersifat User Generated Content, yang memungkinkan penjual untuk mengunggah produk secara mandiri. Tapi kami tidak pernah mendukung praktik yang tidak bertanggung jawab seperti ini,"ujar External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Wijaya, dalam keterangannya, Jumat, 15 Mei 2020.

Baca juga: Surat Bebas Covid-19 Dijual Online, RS Mitra Keluarga Berang

Ekhel mengatakan saat ini pihaknya telah menindak produk atau toko yang dimaksud. Saat dicari, memang tidak ditemukan lagi surat tersebut di platform Tokopedia.

Pihak Rumah Sakit Mitra Keluarga sendiri telah membantah mengeluarkan surat tersebut dan dengan bebas memperjualbelikannya.

"Manajemen Mitra Keluarga tidak pernah bekerja sama dengan pihak-pihak yang memperjualbelikan surat keterangan Bebas Covid-19 maupun surat keterangan apapun," tulis keterangan resmi mereka, yang diposting di media sosial.

Oleh karena itu, kata pihak RS Mitra Keluarga, pihaknya meminta oknum yang menyalahgunakan kop surat RS agar segera mencabut atau menghentikan perbuatan tersebut dalam waktu sesegera mungkin.

"Kami akan menempuh jalur hukum jika masih ada pihak yang mengatasnamakan atau menggunakan atribut Mitra Keluarga, termasuk penggunaan kop surat, tanpa seizin kami," tegas mereka.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

2 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Miskin aman 18 May 2020 | 21:30:09

kenapa tidak jual masker saja kan lebih bermanfaat

Bang ciro 16 May 2020 | 10:04:41

aku mau beli surat bebas covit-19

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id