Auto

Taksi Terbang Frogs 282 Saingi EHang-nya Rudy Salim

  • 21 October 2021
  • Bagikan :
    Taksi Terbang Frogs 282 Saingi EHang-nya Rudy Salim

    Frogs 282 (Foto: Frogs)

    Uzone.id - Indonesia tak lama lagi akan berseliweran taksi terbang (air taxi drone) jika pemerintah sudah memberikan izin bagi perusahaan Prestige Image Motocars dengan CEO Rudy Salim untuk menerbangkan taksi terbangnya bernama EHang 216, yang didatangkan dari China.

    Di program Tonight Show Premiere, yang ditayangkan di YouTube pada Minggu (17/10/2021), Rudy mengatakan EHang 216 direncanakan bisa terbang pada November 2021.     

    Taksi terbang EHang 216 ini nantinya bisa mengantar penumpang di area perkotaan dengan memanfaatkan jaringan internet 4G dan 5G dan dikendalikan oleh pilot di darat. 

    Spesifikasi EHang 216, bisa terbang sejauh 30 km, mengangkat beban maksimal 220 dengan kecepatan maksimal 130 km/jam.

    BACA JUGA: Motor Gesits Buatan Bogor Diekspor ke Negara Tempat Reli Paris-Dakar

    Frogs 282 Made In Yogyakarta

    Sebetulnya, Indonesia juga sudah selangkah membuat taksi terbang sendiri. Sekumpulan orang-orang kreatif asal Yogyakarta membuat startup bernama Frogs, salah satu karyanya adalah taksi terbang yang diberi nama Frogs 282.

    Frogs 282 memiliki arti 2 penumpang, 8 mesin dan generasi ke-2.

    Uzone.id pernah memuat artikel Frogs 282 sudah menjalani uji coba pada 7 Maret 2020 di Lapangan Udara Gading, Playen, Gunungkidul, Yogyakarta. 

    Frogs memutuskan membuat Frogs 282 untuk "menghadirkan sebuah pesawat penumpang yang dapat mencakup lebih banyak tempat yang bisa digerakkan dengan tenaga listrik tanpa bahan bakar dengan biaya lebih murah," seperti dikutip Uzone.id dari laman resminya.

    Menurutnya, dengan kelebihan taksi terbang ini, yakni vertical take off, maka tidak diperlukan landasan yang terlalu luas dan cukup pada area seluas mobil.

    BACA JUGA: Film Rusia 'The Challenge' Selesaikan Syuting di Luar Angkasa

    Frogs 282 memiliki dimensi dengan panjang 3,6m, lebar 3,6m, dan tinggi 1;8m. Taksi drone ini bisa menerbangkan dua penumpang dengan berat maksimal 200 kg. Kemampuan lainnya bisa terbang dengan waktu 2×15 menit dan kecepatan maksimum 100 km/jam. 

    Dasbor pada Frogs 282 dilengkapi dua tablet 9,7 inci yang memungkinkan interaksi dan pemantauan secara real time. Sistem multimedia baru ini mengintegrasikan berbagai teknologi pintar termasuk info perjalanan, kontrol media, navigasi satelit, dan media penerbangan.

    Kursi memakai lapisan kulit yang terinspirasi dari mobil sport F1 memberikan penyangga yang lebih nyaman bagi tubuh penumpang selama penerbangan. 

    Terdapat bagasi untuk menampung koper berukuran 8 inci, memenuhi kebutuhan perjalanan umum dan perjalanan jarak pendek. 

     

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini