Digilife

Teknologi Kecerdasan Buatan Bisa Banget Gantikan Peran Manunsia

  • 17 July 2021
  • Bagikan :
    Teknologi Kecerdasan Buatan Bisa Banget Gantikan Peran Manunsia

    Uzone.id - Kecerdasan Buatan atau AI kini telah diimplementasikan ke banyak bidang di kehidupan sehari-hari. Dari mulai hal kecil seperti pencarian informasi dan rekomendasi di Internet, hingga chatting di situs-situs e-commerce pun menggunakan sistem AI.

    Kehadiran AI di berbagai sektor kehidupan menimbulkan berbagai reaksi, beberapa pihak menganggap hal ini sebagai ancaman untuk menggantikan peran dan pekerjaan manusia, beberapa mengatakan bahwa ini akan mempermudah dan mempercepat produktivitas pekerjaan mereka.

    Teknologi AI untuk saat ini belum mengarah ke tujuan untuk mengganti aktivitas manusia secara keseluruhan, akan tetapi dalam beberapa proses bisnis AI sudah mulai menggantikan peran manusia.

    Baca juga: Robot Ini Bisa Tangkap Sampah Luar Angkasa

    Hal ini disampaikan Ivan Renald Tigana, Chief Business Officer Nodeflux pada acara Uzone Talks.

    “Misalnya, pekerjaan frontline seperti customer services mungkin besok-besok sudah tidak ada. Tetapi yang pasti akan ada adalah peningkatan dari posisi tersebut. Apabila posisi customer services hilang, maka akan ada posisi baru untuk mengatasi stating berikutnya,” ungkap Ivan.

    Salah satu bidang yang telah menggunakan teknologi AI untuk mengganti peran manusia adalah di bidang manufaktur. AI sangat membantu pekerjaan manusia dalam mendeteksi kesalahan dalam waktu yang cepat.

    Seperti yang telah diketahui, bidang manufaktur sangat ‘zero tolerance’ terhadap kesalahan di mana harus meminimalisir kesalahan dalam kebutuhan produksi yang cepat.

    Video Kesan Pertama Megang Oppo Reno6:

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini