icon-category Telco

Telkom: Perbaikan Kabel Laut Sekitar Sebulan

  • 22 Sep 2021 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Telkom telah melakukan pemulihan secara bertahap atas gangguan yang terjadi akibat dari kabel laut Jawa-Sumatera-Kalimantan (JaSuKa). Mereka pun mengambil langkah-langkah strategis untuk mempercepat perbaikan tersebut.

Vice President Corporate Communication Telkom, Pujo Pramono mengatakan jika Telkom akan segera melakukan penyambungan kabel laut yang didahului berbagai persiapan untuk perbaikan sumber gangguan. Hal ini dilakukan agar kualitas layanan semakin baik dan meningkat pasca gangguan yang berasal dari kabel laut tersebut.

"Persiapan yang dilakukan seperti penyiapan cableship yang akan dioperasikan menuju titik gangguan untuk melakukan penyambungan, penyiapan peralatan, dan kelengkapan yang diperlukan serta yang tak kalah penting adalah pengajuan perizinan untuk pengerjaan perbaikan tersebut," ujar Pujo, dalam keterangannya, Rabu, 22 September 2021.

Baca juga: Layanan Telkom Berangsur Normal

Pujo mengestimasi, kemungkinan proses perbaikan akan berlangsung dalam kurun 30 hari ke depan. "Diperkirakan proses perbaikan kabel laut yang terganggu akan berlangsung sekitar sebulan," tambahnya.

Upaya lain, katanya, antara lain dengan peningkatan kapasitas jaringan melalui pengaktifan jalur back up dan alternatif khususnya untuk jalur komunikasi ke wilayah tertentu seperti Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

“Upaya-upaya yang kami lakukan untuk peningkatan kualitas layanan antara lain dengan melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam. Di samping itu, juga melakukan penambahan kapasitas link untuk beberapa destinasi yang masih menunjukkan occupancy tinggi," paparnya.

BACA JUGA: Hingga September 2021, Kominfo Hapus 24.531 Konten Negatif

Lebih lanjut Pujo menjelaskan bahwa sehubungan dengan proses peningkatan kualitas layanan yang bertahap, maka tak menutup kemungkinan adanya sistem prioritas seperti untuk kebutuhan video conference bagi masyarakat yang Work From Home (WFH) dan Learn From Home (LFH). “Kami tetap mengutamakan aplikasi video conference untuk WFH dan LFH mengingat saat ini kebutuhan untuk pendidikan sedang menjadi prioritas.”

“Terima kasih atas dukungan dan kepercayaan pelanggan yang selalu setia menggunakan layanan TelkomGroup, serta seluruh pihak yang mendukung proses peningkatan kualitas layanan ini. Semoga layanan Telkom dapat memberikan pengalaman digital terbaik bagi seluruh pelanggan,” tutup Pujo.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini