icon-category Gadget

Terbukti, Dark Mode di iPhone Bikin Baterai Gak Boncos

  • 22 Oct 2019 WIB
  • Bagikan :

    (Ilustrasi: MacRumors)

    Uzone.id — Pengaturan gelap atau dark mode pada ponsel gak cuma hadir untuk kondisi mata jadi serba adem, tapi juga menghemat baterai. Hal ini diklaim terbukti di iPhone.

    Ngomongin iPhone dan baterai memang kadang melelahkan, mengingat ponsel pintar gubahan Apple ini dikenal lebih boros ketimbang perangkat Android. Tapi minimal dark mode bisa mengatasinya.

    Uji coba yang dilakukan PhoneBuff membuktikan kalau pengaturan dark mode bisa memperpanjang daya baterai iPhone mencapai 30 persen.

    Baca juga: Instagram Sudah Bisa Dark Mode, Gini Caranya

    Agar tahu seberapa hemat daya baterainya, tes ini membandingkan aktivitas iPhone XS Max di light mode, satunya lagi dark mode. Kedua iPhone XS Max digunakan untuk memainkan Twitter, YouTube, Message, dan aplikasi lainnya.

    Mengutip Mashable, hasilnya pun cukup mengejutkan. iPhone yang pakai light mode mati duluan, sedangkan iPhone dark mode daya baterainya masih 30 persen. 

    Daya baterai 30 persen tentu saja masih bisa dipakai untuk bermain Twitter selama berjam-jam, atau nonton YouTube.

    Baca juga: 24 Jam Pasang Dark Mode di Instagram, kok Mata Sakit ya?

    Sebagai catatan, uji coba itu menggunakan pengaturan tingkat cahaya (brightness) 200 nits. 

    Selain itu, ponsel pintar yang memiliki layar berpanel OLED lah yang akan merasakan perbedaan daya baterai ini, karena OLED mengeluarkan energi jauh lebih sedikit ketika layar mengeluarkan cahaya gelap.

    Jadi, iPhone XR atau iPhone 11 yang masih menggunakan layar LCD kemungkinan gak terlalu merasakan perbedaan signifikan.

    Seperti yang kita tahu, pengaturan dark mode pada iPhone sudah bisa dipasang di pembaruan sistem operasi iOS 13. Jika pengguna mengaktifkan dark mode, tampilan dan berbagai aplikasi di dalam ponsel turut berubah jadi gelap.

    Dark mode pada iPhone bisa diatur sesuai jam secara otomatis di dalam Settings ponsel. 

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini