home ×
Digilife

Terlalu Kuasai Pasar Media Sosial, Facebook Digugat

10 December 2020 By
Terlalu Kuasai Pasar Media Sosial, Facebook Digugat
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi (Foto: Unsplash)

Uzone.id - Bukan rahasia lagi bahwa Facebook adalah salah satu platform media sosial terbesar di dunia sampai saat ini. Facebook menjadi rumah bagi satu miliar pengguna serta layanan lainnya seperti WhatsApp dan Instagram.

Sekarang tampaknya Federal Trade Commission (FTC) atau Komisi Perdagangan Federal AS merasa bahwa mungkin Facebook terlalu memonopoli media sosial dan ingin membubarkannya.

Baca juga: Bocorkan Data 3,3 Juta Pengguna, Facebook Didenda Rp85,3 Miliar


Bersama dengan 46 negara bagian lainnya, FTC telah mengajukan gugatan terhadap Facebook, menuduh mereka mempertahankan monopoli jaringan sosial dan memiliki perilaku antikompetitif selama bertahun-tahun.

Mereka juga menuduh perusahaan melakukan “strategi sistemik” dengan mencoba menghilangkan persaingan melalui tindakan akuisisi, seperti ketika mereka mengakuisisi Instagram dan WhatsApp.

“Jejaring sosial pribadi adalah pusat kehidupan jutaan orang Amerika. Tindakan Facebook untuk mempertahankan monopolinya mengingkari manfaat persaingan bagi konsumen,”  ujar Ian Conner, Direktur Biro Persaingan FTC, seperti dikutip dari Ubergizmo, Kamis (10/12).

Baca juga: Facebook Siap Berantas Hoax Vaksin Corona

“Tujuan kami adalah untuk menghentikan perilaku anti-persaingan Facebook dan memulihkan persaingan sehingga inovasi dan persaingan bebas dapat berkembang,” katanya.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id